Tips Hamil

Kamis, 24 April 2014

Menikmati Indahnya Pantai Kelapa Panyuran Di Tuban

Ada banyak wisata pantai di daerah Tuban - Jawa Timur. Semuanya memiliki karakteristik dan keindahan tersendiri. Salah satunya adalah wisata Pantai Kelapa yang juga menarik untuk dikunjungi.


Pantai Kelapa atau juga dikenal dengan nama Pantai Panyuran berada di Desa Panyuran , Kecamatan Palang atau sekitar 4 km arah timur dari pusat kota. Sebenarnya cukup mudah untuk menuju ke lokasinya karena hanya berjarak sekitar 200 meter dari jalan raya .
 

Tetapi karena lokasinya yang berada di kawasan perkampungan, menjadikan Wisata Pantai Kelapa ini tampak agak tersembunyi.


Pantai panyuran ini memiliki panorama yang masih alami. Sesuai dengan namanya yaitu Pantai Kelapa, di kawasan pantai banyak terdapat pohon nyiur atau kelapa yang daunnya seolah melambai-lambai terhembus angin.


Sedangkan di pantainya banyak terdapat batu karang yang ukurannya tidak terlalu besar. Di batu karang itu tumbuh kerang-kerang yang banyak dicari dan digunakan oleh warga setempat untuk lauk pauk atau umpan untuk memancing ikan.


Di kawasan pantai ini bisa dijumpai nelayan dengan berbagai aktifitasnya. Bila Anda berminat dan bertepatan waktu dengan kembalinya para nelayan ke daratan, Anda bisa membeli kepiting dan ikan segar dari mereka.


Selain mencari ikan, di antara nelayan itu  juga ada yang mencari rumput laut. Ini terlihat dari adanya ganggang laut jenis warna putih dan warna merah yang dijemur di pasir pantai.


Beberapa tahun yang lalu di pasir pantai ini juga ada  banyak warga setempat yang beraktifitas mencari ‘ Lur ‘ ( cacing laut ) untuk umpan memancing ikan atau dijual dengan harga Rp 5.000 isi 8-10 ekor Lur.

 
 
Yang menarik, sebagai umpan untuk menarik agar Lur itu keluar dari liangnya, mereka  memberi Dedak atau parutan kelapa di sekitar lubang tempat Lur berada .Namun saat ini aktifitas mencari Lur itu sudah jarang dijumpai.



Menurut penuturan nelayan setempat, jarangnya aktifitas mencari lur itu karena keberadaan Lur di pantai ini sudah semakin langka .

Di pantai Panyuran ini kita bisa menikmati indahnya panorama pantai dengan pesona fajar dan senjanya yang menawan. Semburat jingga warna tembaga pada bola api dan langit dengan bayangan hitam di sekitarnya laksana Lukisan alam yang bergerak.


Begitu pula pada hingga sore hari, keindahan pantai ini tampak begitu damai dan mengesankan. Deretan pohon kelapa dan batu karang seakan berpadu harmonis dengan bentang garis horizon pantai.
  

Karena pesona keindahannya, Pantai Panyuran ini sering menjadi lokasi untuk berkemah. Deretan tenda yang didirikan oleh pelajar atau pengunjung lainnya biasa dijumpai di bawah naungan pepohonan kelapa di kawasan pantai ini.


Namun untuk berkemah di pantai Panyuran ini tentu membutuhkan nyali dan keberanian tersendiri.Pasalnya, tak jauh dari lokasi atau sekitar 10 meter di sebelah selatannya terdapat kompleks makam yang tua dan kuno dengan pohonnya yang besar dan rindang.


Tetapi jika tujuan berkemah itu memang positif, Anda tentu tak perlu merasa risau. Apalagi di sekitar wisata ini juga terdapat perkampungan.


So, bagi Anda yang suka berwisata dengan panorama alam pantai yang indah, wisata Pantai Kelapa - Panyuran ini rasanya sayang jika tidak Anda kunjungi.


1 komentar:

  1. provinsi jatim memang kaya wisata pantai, mantap artikelnya

    BalasHapus