Tips Hamil

Jumat, 11 April 2014

Merajut Kenangan Indah Berwisata Di Kota Tuban


Tuban adalah nama sebuah kota kecil di Jawa Timur. Berkunjung ke kota ini cukup menarik karena daerahnya yang bersih, rapi, asri dan jauh dari polusi udara. Selain itu, di sana juga banyak terdapat destinasi wisata yang indah dan menarik.


Lokasi destinasi wisata itu juga tidak terlalu jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti becak, lyn, mikrolet dan sebagainya.


Berkunjung ke kota ini dalam sehari, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan pengalaman dan kenangan wisata  yang tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Tuban.


1. Masjid Agung Tuban 


Masjid Agung ini sebenarnya merupakan bangunan kuno dan bersejarah yang telah mengalami banyak pemugaran dan pembongkaran sehingga merubah bentuk aslinya. Hanya ada beberapa bagian di masjid ini yang menyisakan bentuk lamanya.


Seperti halnya masjid-masjid besar di kota lainnya yang berada di pusat kota, Masjid yang dulu dikenal dengan nama Masjid Jamik Tuban ini juga berlokasi di sebelah barat alun-alun kota Tuban.


2. Makam Sunan Bonang 


Makam Sunan Bonang adalah destinasi wisata sejarah dan religi yang berada di sebelah barat pusat kota , tepatnya di belakang Masjid Agung Tuban.


Sebagai destinasi wisata religi ziarah Walisongo, makam salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa ini senantiasa ramai oleh para wisatawan yang ingin berziarah, menyimak benda-benda peninggalan masa Sunan Bonang seperti Gapura, keramik, aneka artefak dan sebagainya.



3. Pantai Boom 

Masih di pusat kota Tuban, ada sebuah wisata alam yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Boom Tuban. Wisata ini berjarak sekitar 200 meter sebelah utara alun-alun Kota Tuban.


Tiket masuknya Rp 1500 dengan jam buka mulai jam 07.00 - 21.00. Berada di sana kita bisa menyimak panorama pantai dengan berbagai aktifitas nelayannya.





Pantai Boom ini pada masa lampau merupakan pelabuhan perniagaan yang besar dan terkenal.

 


 
Panorama fajar dan senja yang indah dalam satu lokasi dengan pohon-pohon cemaranya di pantai ini serasa akan membawa anda untuk datang lagi ke sana. 

  3. Gua Akbar


Gua Akbar adalah sebuah gua yang sangat unik dan menarik karena memiliki banyak relung dan lorong dengan panjang lorongnya mencapai 1 km.


Wisata ini berada di belakang Pasar baru Tuban yang berjarak sekitar 1 km arah selatan dari pusat kota. Tiket masuknya Rp 4000 untuk hari biasa dan Rp 5.000 untuk hari Minggu dan libur nasional.

4. Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng ini merupakan tempat ibadah umat Tri Darma yang dibangun untuk menghormati Dewa Kwan Kong, sosok legendaris dalam Legenda Tiongkok.


 

Kelenteng yang konon merupakan terluas di Asia Tenggara ini berlokasi di tepi jalan raya jalur Pantai Utara yang berseberangan langsung dengan pantai Tuban.




Kelenteng ini cukup unik karena gerbangnya yang terdapat ornamen berbentuk kepiting raksasa dan terdapat bangunan istana kaisar di bagian belakangnya.



6. Pantai Tasikharjo


Selain Pantai Boom, di Tuban juga ada sebuah wisata pantai lainnya yang indah yaitu Pantai Tasikharjo.Lokasinya berjarak sekitar 5 km arah barat dari pusat kota dan berada di tepi jalur Pantai Utara menuju ke Semarang. Tak ada tiket masuk untuk menikmati indahnya panorama di pantai ini.



Di pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan deretan pohon cemaranya. Kala fajar dan senja memberi sajian panorama alam yang sangat indah di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar