Tips Hamil

Rabu, 16 April 2014

Suasana Menyeramkan di Air Terjun Banyu Langse, Tuban


Air terjun Banyu Langse adalah salah satu wisata alam di daerah Tuban – Jawa Timur. Wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi dengan panorama alamnya yang cukup indah dan alami. 


Terlebih pada musim kemarau ketika arus air sungainya tidak begitu deras, banyak pengunjung dan warga yang mendekat, berenang dan berbasah-basah ria di air terjun itu.


Bahkan ada banyak juga pasangan kekasih yang melakukan foto pra pernikahan mereka di wisata ini.



Tetapi keadaannya menjadi berubah drastis saat musim penghujan. Tak banyak pengunjung yang datang ke sana. Suasananya juga sangat sepi sekali. Warga yang biasanya mencuci pakaian mereka atau warga yang membersihkan hewan ternak sapinya di sungai sekitar Banyu Langse juga tak tampak. 


Semua ini tentu karena arus sungai yang sangat deras dan berbahaya yang bisa menghanyutkan mereka bila memaksakan diri beraktifitas di sana.Ada hal yang berbeda dan terasa aneh saat kaki saya melangkahkan kaki memasuki kawasan Banyu Langse ini. Entah kenapa, nuansa seram dan horor ala Dunia Lain sangat terasa sekali.


Mungkin nuansa yang seram itu karena lingkungan sekitar air terjun ini.
Suasana sekitar yang tampak temaramdan rumpun bambu yang rimbun dengan bunyi derak batang-batang bambunya seakan menambah kesan menyeramkan itu. Belum lagi dengan lumut yang tumbuh di mana-mana yang menghadirkan suasana lembab.


Perlu kehatian-hatian tersendiri saat berada di sana karena licinnya tanah dan bebatuan tempat berpijak. Saya juga berpikir dua kali saat menaiki batu besar agar bisa mengabadikan panorama air terjun ini dari ketinggian.


Saya teringat, di batu besar inilah yang menjadi salah satu lokasi melompatnya anak-anak dan pengunjung sebelum menceburkan diri dan berenang di kolam air terjun itu.


Masih terbayang dalam benak saya tentang mudahnya para pengunjung saat melangkahkan dan memijakkan kaki di batu-batu besar  untuk berpindah-pindah lokasi berfoto atau berbasah ria di sana.


Berdiri di batu besar itu pun saya tidak berani berlama-lama. Karena dengan suasana yang cukup menyeramkan dan kerasnya gemuruh air terjun dan arus sungai itu, terasa sangat berbahaya bagi keselamatan diri jika terlalu lama berada di sana.


Tak hanya itu saja, ada mitos yang berkembang di warga setempat tentang legenda makhluk gaib berwujud sosok Kelabang Raksasa yang menampakkan dirinya pada waktu-waktu tertentu. 


Selain itu juga karena  banyaknya pengunjung yang kerasukan roh gaib saat pikirannya kosong dan melamun ketika berada di sana.


Setelah mengabadikan panorama air terjun Bany Langse ini secukupnya , saya pun segera bergegas meninggalkan wisata ini. Sebuah pengalaman wisata dan  sisi yang berbeda dari Air Terjun Banyu Langse pada musim penghujan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar