Tips Hamil

Rabu, 08 April 2015

Jejak Istana Sunan Giri di Situs Giri Kedaton


Giri Kedaton yang berarti Istana Giri adalah nama sebuah kawasan situs kuno yang berada di kawasan berbukit di daerah Gresik - Jawa Timur. 


Sesuai dengan namanya , situs itu merupakan bangunan kuno jejak istana Sunan Giri, salah satu dari Wali Songo penyebar agama Islam di Pulau Jawa pada masa lampau. 


Tetapi berbeda dengan situs Makam Sunan Giri yang banyak didatangi oleh peziarah, untuk situs Giri Kedaton ini cukup sepi dari kedatangan wisatawan dan peziarah. Padahal lokasinya juga tidak terlalu jauh dari kawasan makam Sunan Giri. 


Giri Kedaton berada di Bukit Giri, Kecamatan Kebomas yang berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Gresik. Lokasinya berada tak jauh dari kawasan perkampungan yang padat penduduk.


Yang menarik, untuk menuju ke sana harus dengan melewati undak-undakan dengan ratusan anak tangga. Terasa cukup melelahkan saat melangkahkan kaki melewati undak-undakan itu. 


Di tengah perjalanan di sisi timur tangga itu terdapat situs kuno Makam Mpu Supo yang juga menyimpan sejuta misteri. 


Setelah itu pada bagian puncaknya juga terdapat beberapa undakan lagi. Tak banyak ornamen yang ada di sana. Hanya terdapat ornamen bermotif sederhana pada dinding batu yang bentuknya seolah seperti dinding batu candi.


Di bagian tengah terdapat bangunan mushola yang merupakan bangunan baru. Sedangkan di sisi timurnya terdapat lubang kecil , beberapa makam kuno dan bongkahan batu besar yang saya tidak tahu apa maksud dan kegunaannya.


Sedangkan di sisi baratnya terdapat beberapa makam kuno dan dua lubang yang yang berukuran cukup besar. Bisa jadi lubang-lubang itu pada masa lampau digunakan untuk tempat berwudhu atau menampung air.


Karena berada di daerah ketinggian, di situs Giri Kedaton ini kita bisa melihat panorama Kota Gresik dari ketinggian. 


Dari sana juga kita melihat kawasan Makam Sunan Giri dari kejauhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar