Tips Hamil

Senin, 27 April 2015

Jejak Sejarah di Gedung Wisma Djendral Achmad Yani


Ada yang menarik di kawasan Kantor Pusat PT. Semen Indonesia di kota Gresik - Jawa Timur.Di sana terdapat bangunan gedung lama dengan artsitektur dan warna yang bernuansa klasik. Dengan bentuk bangunan yang khas dan warna yang berbeda, menjadikan gedung itu tampak mencolok jika melintasi jalan raya di depannya.



Gedung itu bernama Wisma Djendral Achmad Yani. Sejak puluhan tahun yang lalu hingga saat ini, gedung itu digunakan sebagai tempat untuk aneka acara seremonia seperti rapat, resepsi, seminar dan sebagainya.

Gedung ini sangat luas sekali. Mungkin merupakan gedung yang indah dan megah pada masanya. Di sisi utaranya terdapat gedung kantor PT. Semen Indonesia yang kokoh dan tinggi menjulang.


Di bagian depan dekat pintu terdapat prasasti kuno yang bertuliskan Peresmian Pembukaan Wisma Semen Gresik pada hari Rabu tgl 20 Mei 1964 oleh Let. Kol. Pens. Hadi Moeljono sebagai Presiden Direktur BPU. Industri Kimia.



 

Ada pula prasasti kuno lainnya tentang peresmiaan pemberiaan nama Wisma Achmad Yani pada gedung ini oleh Brig. Djend. R. Soenarijadi pada tgl 8 Djanuari 1966 sebagai penghormatan kepada para pahlawan revolusi Indonesia.



 

Sebagai gedung kuno, di gedung ini terdapat ornamen-ornamen yang bernuansa klasik. Seperti terdapat pada bentuk pintu dan jendela, plafon, lubang angin-angin, dan sebagainya. Yang menarik adalah adanya ornamen kaca patri pada jendela dengan aneka kaca warnanya.


Bila kaca warna itu tertimpa sinar matahari , menjadikan suasana di dalam gedung Wisma Achmad Yani ini tampak indah sekali seperti berhias lampu aneka warna.


Di bagian luar gedung ini pada sisi depan dan atasnya terdapat tulisan nama Wisma Djendral Achmad Yani, juga terdapat lembaran banner yang bertuliskan Pertahankan 51% Saham RI Di Semen Gresik.Ada juga patung kuno yang sayang sosok dan bentuknya tidak begitu jelas.


Saya pernah berkunjung ke gedung ini ketika mengikuti wisata Green Industri yang diadakan oleh PT. Semen Indonesia pada beberapa waktu yang lalu dengan berkumpul dan berangkat dari halaman gedung Wisma Djendral Achmad Yani.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar