Tips Hamil

Jumat, 03 April 2015

Suasana Terkini Di Kawasan Makam Sunan Giri


Ada yang tampak baru dan berbeda ketika saya berkunjung ke kawasan wisata religi Makam Sunan Giri di daerah Gresik - Jawa Timur. Suasana dan keadaan di sana menjadi lebih bersih, tertib dan rapi.



Deretan bangunan kios souvenir yang sebelumnya memenuhi sisi kanan dan kiri pada dua tangga yang menuju ke makam Sunan Giri dan sebaliknya sudah tak ada lagi dan entah dipindahkan ke mana.


Tentu hal itu harus disyukuri karena Gapura Naga yang merupakan bangunan kuno sebagai gerbang masuk menuju ke makam Sunan Giri menjadi terlihat sosoknya. Dulu banyak pihak yang mengkhawatirkan keberadaan gapura itu karena terdesak dan tenggelam oleh deretan kios itu. Bahkan ada pedagang yang menjadikan gapura itu sebagai tempat untuk menautkan tali plastik tenda kiosnya.


Sesuai dengan namanya, di Gapura Naga itu terdapat ornamen berupa sepasang naga yang mengenakan mahkota. Di sekitar gapura ini terdapat pepohonan besar dan rindang yang menaunginya. 



Melangkahkan kaki menuju ke Makam Sunan Giri terdapat deretan pengemis yang berharap iba dan sedekah dari peziarah. Berjarak sekitar 100 meter dari gapura terdapat gapura masuk ke makam Sunan Giri. 




Di sekitar makam Sunan Giri juga ada hal yang baru yaitu dibangunnya semacam peneduh kawasan makam. Tiang dan lembaran-lembaran kayu terpasang di sana. Di satu sisi keberadaan bangunan baru itu bisa melindungi kawasan makam Sunan Giri dan para peziarah dari terpaan panas dan hujan .



Tetapi sayang , hal itu terasa cukup menyulitkan untuk mengambil foto bangunan cungkup makam Sunan Giri dari kejauhan karena terhalang oleh tiang-tiang kayu bangunan baru. Walau proyek pembangunannya sedang berjalan, tetapi sudah menunjukkan keadaan di sana menjadi terasa lebih sempit dan menyesakkan.


  Saya tak bisa membayangkan bagaimana keadaannya kelak ketika proyek itu sudah selesai  dan ketika Makam Sunan Giri ini didatangi oleh banyak peziarah dari berbagai daerah. Terlebih pada saat diadakannya Haul Sunan Giri setiap tahunnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar