Tips Hamil

Minggu, 27 April 2014

Keindahan Air Terjun Nglirip Yang Mengagumkan di Tuban

Berwisata ke daerah Tuban - Jawa Timur sangat menyenangkan karena tersedia banyak pilihan destinasi wisata. Kecuali wisata berupa Gunung dan candi, rasanya semua jenis wisata ada di daerah ini. Mulai dari wisata air terjun,  pantai, gua, sejarah, budaya dan sebagainya.


Salah satunya adalah wisata berupa air terjun Nglirip.Air Terjun Nglirip berada di desa Mulyoagung Kecamatan Singgahan, sekitar 35 km ke arah barat daya dari Kota Tuban, Jawa Timur.
 

Letaknya tak jauh dari tepi jalan raya dengan jalan yang bertikungan tajam di dekat kawasan ini .


Lokasi air terjun Nglirip ini sebenarnya sangat mudah dijangkau karena berada tidak jauh dari jalan raya.Selain bisa ditempuh dari Tuban dengan melewati kecamatan Merakurak – Montong - Nglirip, untuk menuju ke air terjun Nglirip juga bisa ditempuh dari Bojonegoro melewati kecamatan Parengan-Singgahan - Nglirip.


Begitu juga bila ditempuh dari Blora dengan melewati kecamatan Jatirogo - Bangilan - Nglirip.



Bila ditempuh dari Tuban, sesampai di Montong akan melewati semacam terowongan sepanjang 300 meter dengan tebing-tebing batu yang cukup tinggi di kanan- kirinya.


Setelah itu dengan melewati kawasan hutan sepanjang 3 km dengan vegetasi tanaman jenis jati, mahoni, sengon dan sebagainya. 



Di hutan ini banyak terdapat sumber dan mata air yang jernih dan mengalir tiada hentinya.



Sayang, bila tak menggunakan kendaraan pribadi, sangat sulit akses angkutan umum yang menuju ke air terjun Nglirip. Kalaupun ada, itu sangat jarang sekali dan hanya terbatas hanya sampai jam 11 siang saja. Di atas jam itu akan sangat sulit angkutan umum itu.


Menebarkan pandangan ke sekitar air terjun, ternyata di seberang jalan tak jauh dari air terjun Nglirip terdapat makam Mbah Jabbar yang dikeramatkan oleh warga setempat. 
   

Makam itu berada di gundukan tanah menyerupai bukit yang cukup tinggi sehingga untuk menuju ke sana harus dengan menaiki undak-undakan.


Air terjun Nglirip dengan ketiggian sekitar 35 meter dan lebar 28 meter ini memang tampak indah dan menarik sebagai destinasi wisata di Tuban. Air terjun ini sebenarnya merupakan bendungan irigasi yang airnya mengalir ke daerah yang lebih rendah.


Di bagian atas air terjun terdapat jembatan kecil yang terbuat dari besi dan digunakan oleh warga sebagai jalan penghubung antar kampung.




Berdiri di Jembatan itu pengunjung bisa memandang aliran air terjun yang mengalir sampai jauh dengan panorama alam sekitarnya yang menawan.

Memasuki kawasan air terjun Nglirip dikenai tiket Rp 2000 per orang. Tak ada fasilitas, sarana dan prasarana apapun yang memadai disana. 
 

Karena itu, jangan heran jika jalan untuk menuju ke air  terjun Nglirip ini masih sangat alami dengan melewati bebatuan yang ditata sedemikian rupa. 

 
Tentu membutuhkan waspada dan ekstra hati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh saat melangkahkan kaki.


1 komentar:

  1. http://tuban-kita.blogspot.com/2014/10/air-terjun-nglirip-keindahan-air-terjun.html

    BalasHapus