Tips Hamil

Kamis, 12 September 2013

Menikmati Indahnya Taman Apasari Di Surabaya

Ada banyak taman di kota Surabaya - Jawa Timur. Salah satunya adalah Taman Apsari yang berada di jalan Pemuda dan berhadapan dengan Gedung Grahadi - Surabaya. Walau relatif  kecil, taman ini  terasa sejuk dan tenang, meski tempatnya di tengah kota.

Di area seluas 5.300 m2 itu dilengkapi lebih kurang 20 jenis bunga dan tanaman. Di sela bunga dan tanaman itu di sediakan jogging track yang nyaman untuk jalan-jalan.





Sebagian anak muda bahkan menggunakannya untuk bermain skateboard. Banyak juga yang  memanfaatkannya sebagai tempat berkumpulbersama teman, pasangan, keluarga, kpmunitas dan sebagainya.

Yang menarik, di bagian tengah taman ini terdapat monumen patung  Gubernur Suryo yang merupakan Gubernur Jawa Timur yang pertama. Di bagian bawah monumen patung itu terdapat prasasti yang bertuliskan petikan pidato Gubernur Suryo pada tanggal 9 Nopember 1945 di Radio NIROM - Jalan Embong Malang

Dalam pidato itu, Gubernur Suryo menyerukan :  

" Berulang-ulang telah kita kemukakan bahwa sikap kita ialah : Lebih baik hancur daripada dijajah kembali. Juga sekarang dalam menghadapi ultimatum pihak Inggris kita akan memegang teguh sikap ini. Kita tetap menolak ultimatum itu. "
Taman Apsari merupakan salah satu dari 3 taman peninggalan Belanda. Taman peninggalan Belanda lainnya yaitu Taman Surya dan Taman Jayengrono. Pada jaman Belanda,  taman Apsari bernama Taman Simpang atau Kroesen Park.

Nama Taman Simpang karena lokasi lahan taman berada bernama Simpang. Sekarang lahan taman berubah nama menjadi Jl, Pemuda. Sedangkan nama Kroesen Park diambil dari nama Residen J.C. Th. Kroesen yang berkuasa di tahun 1888-1896.

Pada tahun 1795 taman Apsari di bangun bersamaan dengan dibangunnya  Gedung Grahadi. Kala itu penguasa tunggal (Gezaghebber) Belanda yaitu Dirk Van Hogendorp (1794-1798) beranggapan bahwa tempat kediaman resminya di dekat Jembatan Merah kurang sesuai dengan kedudukannya. Ia memilih sebidang lahan di tepi Kalimas untuk membangun sebuah rumah taman yang lebih representatif.

Pada awalnya letak Taman Apsari pada jaman itu berada di belakang Gedung Grahadi, Gedung Grahadi itu sendiri pada saat itu menghadap ke arah sungai Kalimas (utara). Namun pada tahun 1802 , Gedung Grahadi dirubah arahnya  menghadap ke selatan seperti sekarang ini. Akibatnya Taman Apsari yang dulu lokasinya berada di belakang gedung grahadi berganti  posisinya  menjadi di depan Gedung Grahadi.

Taman Apasari juga dihiasi dengan ornamen-ornamen berupa seni istalasi kiarya seniman surabaya. Diatanra seni instalasi itu ada yang berbentuk seorang pria sedang naik sepeda ontel dengan dilengkapi kalimat-kalimat ala dialek Surabaya.Ada juga seni instalasi yang berupa tumpukan tulang belulang dengan sebuah palu raksasa di bagian atasnya..

Di taman ini kita bisa menikmati indah dan megahnya Gedung Grahadi yang menjadi salah satu gedung aktifitas Gubernur Jawa Timur. 

Taman ini senantiasa ramai pada setiap harinya. Karena lokasinya yang strategis di tengah kota, suasana taman ini laksana senantiasa hidup dari pagi hingga pagi berikutnya.



Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





==============================

 ====================



Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar