Tips Hamil

Senin, 02 September 2013

Semaraknya Karnaval Budaya Pelajar Di Tuban Bagian # 1

Suasana pada siang dan sore hari di kota Tuban - Jawa Timur sangat ramai dan semarak sekali. Banyak warga yang memadati ruas jalan utama. 


Mereka antusias untuk menyaksikan sebuah acara tahunan yaitu Karnaval Budaya yang diikuti oleh para pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan sederajat.


Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka memperingati dan merayakan Hari Kemerdekaan 68 tahun Republik Indonesia.





Cukup menarik ketika menyaksikan Karnaval Budaya pada saat itu . Menyaksikan karnaval yang menampilkan keanekaragaman tradsidan budaya  itu terasa  membawa kita pada kekaguman  kita tentang indahnya INDONESIA.


Mereka menampilkan kekayaan nusantara itu melalui busana adat tradisonal, tari-tarian, tradisi dan budaya Nusantara.

Ada juga peserta yang menampilkan busana pengantin tradisional  seperti daerah Banyuwangi,Solo,Yogyakarta,Betawi,Tuban dan sebagainya. bahkan ada juga pelajar asli dari daerah Papua dan Flores yang mengenakan busana tradisionalnya.
Tak kalah menariknya adalah ikut tampilnya dua pelajar dari Afrika yang menempuh pelajaran di sekolah Tuban dari program pertukaran pelajar .

Ada juga  peserta yang menampilkan  dalam bentuk replika seperti tradisi Gunungan dari Yogyakarta, aneka ragam busana dan tradisi pengantin di berbagai daerah, kisah kebesaran kerajaan Majapahit dan sebagainya.
Untuk kesenian tradisional yang tampil diantaranya adalah wayang orang, kesenian tayub , kesenian calung , Barongsai dan sebagainya. Yang menarik, ada juga kesenian Sandur yang merupakan kesenian tradisional khas Tuban tetapi saat ini di ambang kepunahan. 
 
Sayang, kesenian Sandur itu hanya ditampilkan dalam bentuk  kostum dan karakter yang diperagakan oleh para pelajar saja. Bukan oleh peraga asli dalam kesenian Sandur itu. Begitu pula dengan musik yang dimainkan hanya berasal dari tape recorder saja.

Karnaval Budaya itu berangkat dari depan Kantor Bupati Tuban dengan route  Jl. Veteran – Jl. Basuki Rahmad  dan berakhir   di Gedung Olah Raga  Jl. Sunan Kalijogo.
Berbagai pendidikan sekolah mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama, madrasah Tsanawiyah, Madrayah Aliyah, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah menengah Kejuruan yang ada di tuban mengerahkan timnya untuk mengikuti karnawal ini.
     
Berbagai sekolah itu tampak mengerahkan ide dan konsepnya dalam karnaval ini yang dituangkan dalam bentuk busana, tata rias dan properti  lainnya seperti kereta kuda, mobil hias dan sebagainya.

Kesemuanya  berada dalam benang merah tentang keanekaragaman tradisi dan budaya Indonesia.Ada juga yang menampilkan busana dengan tema daur ulang ( Go Green ) dan Kontemporer. 

Peserta karnaval itu tampak begitu bersemangat dan percaya  dengan berpenampilan prima diri selama mengkuti  karnaval .

Baik bagi mereka  yang  mengendarai kuda, kereta kencana, kereta hias, mobil hias  maupun yang dengan berjalan kaki.
Begitu pula beraneka warna busana yang mereka kenakan berpadu dengan beraneka warna bunga segar pada kereta hias dan mobil hias, menjadikan Karnaval Budaya  Tingkat Pelajar yang dimeriahkan oleh beberapa group Drum Band  ini tampak berlangsung dengan meriah dan semarak.

Menikmati Karnaval Budaya ini membawa kita melihat  miniatur tentang  betapa Kaya dan Indahnya  tradisi dan budaya INDONESIA.



=================================================================


Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

====================================================================




 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar