Tips Hamil

Rabu, 04 September 2013

Nuansa Nostalgia Di Gedung Balai Pemuda Surabaya

Melintas di sebuah ruas jalan di pusat kota Surabaya, ada sebuah bangunan kuno yang sangat menarik. Bangunan itu mempunyai desain dan arsitektur yang sangat indah ala bangunan masa kolonial. Taman yang asri di sekitarnya menjadikan keindahan bangunan itu semakin lengkap.

Ya, bangunan itu adalah Gedung Balai Pemuda yang berlokasi di Jalan Pemuda yang berdekatan dengan Gedung Grahadi - Surabaya. Lokasinya juga berada pada persimpangan antara jalan Gubernur Suryo-Yos Sudarso-Pemuda sehingga mudah untuk menuju kesana.





Gedung Balai Pemuda saat ini digunakan sebagai tempat untuk Pusat Informasi Wisata Surabaya. Selain itu  juga terdapat ruangan di sebelah utara Dewan Kesenian Surabaya, sebagai Pusat Pagelaran Kesenian Surabaya (PPKS),  pusat pembinaan seniman/seniwati muda yang tergabung dalam Bengkel Muda Surabaya (BMS) dan Akademi Seni rupa Surabaya (AKSERA). 

Karena Balai Pemuda ini juga merupakan salah satu Dinas penghasil Pendapatan Asli Daerah ( PAD )  Surabaya , maka  gedung Balai Pemuda juga digunakan untuk berbagai keperluan publik  dengan cara menyewakan gedung kepada masayarakat untuk  berbagai tujuan, antara lain untuk : Resepsi Pernikahan, Seminar, Pameran, Audisi Seni, Pagelaran Musikdan sebagainya.



Sesuai dengan bentuk bangunannya yang kuno, gedung Balai Pemuda ini merupakan bangunan peninggalan masa kolonial Belanda.Pada tahun 1907 – 1945 gedung ini bernama De Simpangsche Societeit yang merupakan milik suatu perkumpulan orang-orang Belanda dan berfungsi sebagai pusat tempat rekreasi orang-orang Belanda  untuk pesta ria, dansa dan lainnya.

Pada tahun 1945 , gedung ini kemudian dikuasai oleh Arek-arek Suroboyo yang tergabung dalam Pemuda Republik Indonesia (PRI) yang sekaligus merupakan MARKAS PEMUDA Surabaya. Dengan perlawanan yang sengit dari tentara Belanda , pejuang Surabaya kemudian  mundur dan akhirnya gedung ini dikuasai lagi oleh tentara Belanda.

Pada tahun 1950 saat Indonesia sudah merdeka, pejuang Surabaya  masuk ke kota dan Gedung ini dikuasai oleh Penguasa Militer Provinsi Jawa Timur  dan sebagai pelaksana Penguasa Militer adalah KMKB Surabaya.

 Gedung ini  akhirnya berganti nama menjadi Balai Pemuda Surabaya pada tahun 1957 dan digunakan untuk menampung kegiatan pemuda, termasuk menjadi markas KAMI dan KAPPI dalam menumpas G 30 S/PKI.

Pada tahun 1979 Balai Pemuda mengalami pemugaran namun tidak merubah bentuk aslinya dan hingga sekarang dijadikan pusat pagelaran kesenian dan kegiatan lainnya di Surabaya.

Berada di dalam gedung ini kita bisa menyimak berbagai ornamen bangunannya yang klasik mulai dari kursi dan meja, jendela, lampu gantung, plafon dan sebagainya. Ada juga p[erangkat mesin hitung kuno yang terawat dengan baik.

Sebagai pusat informasi wisata Surabaya, di dalam gedung ini kita bisa memperoleh informasi dan penjelasan tentang wisata di Surabaya baik berupa brosur, leaflet, kartu pos dan sebagainya. Ada juga stand yang menjuual cinderamata khas Surabaya.

Karena itu bila Anda berkunjung ke Surabaya, usahakan sempatkan diri untuk berkunjung ke Gedung balai Pemuda ini dan rasakan nuansa nostalgia masa lampau melalui keindahan bangunannya.



Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================




==============================

1 komentar:

  1. balai pemuda, panggone nonton 21, sek ono ga yo, mari nonton ngombe es nang zangardi, enaak

    BalasHapus