Tips Hamil

Sabtu, 05 Oktober 2013

Permen Susu Kerbau Yang Unik Di Sumbawa

Kerbau adalah satwa yang banyak dijumpai di daerah Sumbawa - Nusa Tenggara Barat. Berada di daerah ini kita bisa menjumpai kerbau dengan satwa lainnya berupa kuda dan sapi begitu bebasnya berkeliaran di pekarangan, lapangan, sekitar rumah dan sebagainya.

Selain menjadi hewan ternak, ternyata kerbau juga menjadi salah satu potensi yang menggerakkan ekonomi beberapa warga di Sumbawa. Diantara mereka ada yang menggunakan kerbau dan mengolahnya sebagai bahan makanan seperti abon daging kerbau dan permen susu kerbau.





Permen Susu Kerbau ini merupakan produk industri rumah tangga  yang dilakukan oleh warga di  Desa Penyaring, kabupaten Moyo Utara, Sumbawa.

Ada yang menarik dengan permen susu kerbau yang menjadi salah satu kuliner oleh-oleh khas Sumbawa. Saya menjumpai dan membeli permen susu kerbau  ini di sebuah warung makan di daerah Alas - Sumbawa.

Sesuai dengan namanya, permen ini memang menggunakan bahan susu kerbau dan gula pasir yang diolah secara sederhana dan tradisional. Begitu juga dengan kemasannya yang hanya menggunakan kertas putih dan plastik mika transparan.

Cara membuat permen susu kerbau ini cukup  mudah. Warga  biasanya langsung mengolah susu kerbau tersebut setelah memerahnya dari hewan peliharaan mereka.Susu kerbau lantas dimasukan ke dalam wajan besar, dan dimasak dengan menambahkan gula hingga susu dan gula mengental menjadi karamel.

Harga permen susu kerbau ini cukup mahal Rp 12.000 per kemasan plastik isi sekitar 10-12 buah. Ukuran permen sekitar 5cm x 2 cm.Bentuk permen ini mengingatkan saya pada jajanan Suwar-suwir ( Permen Tape ) yang menjadi oleh-oleh khas daerah Jember , Bondowoso dan Situbondo.
Penasaran dengan rasa permen yang unik ini, saya segera mencicipinya. Setelah beberapa gigitan, ternyata permen susu kerbau ini terasa sangat manis dan gurih sekali. Cita rasa dan aroma susunya juga sangat kuat. Cukup membuat Eneg bagi yang baru pertama kali merasakannya atau tidak menyukai rasa terlalu manis.

Untuk satu buah permen susu kerbau itu saya membutuhkan waktu cukup lama dan baru habis dalam banyak gigitan kecil. Setelah satu buah permen  susu itu habis pun cita rasa susu kerbau dan rasa manis itu pun masih terasa kuat menempel di lidah dan mulut .
 
Keberadaan permen susu kerbau ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda bila berkunjung ke pulau Sumbawa yang terkenal dengan panorama wisata pantai-pantainya yang menawan ini. Apalagi konon permen susu kerbau ini dipercaya bisa menambah stamina bagi tubuh Anda.



Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================






==============================

1 komentar:

  1. Wow, unik juga nih. Oh ya, pernah nyoba permen dingin? Cek disini ya: http://on.fb.me/17kiuh1 :)

    BalasHapus