Tips Hamil

Jumat, 07 Maret 2014

Anjungan Di Pantai Bentar Yang Rusak Parah

Pantai Bentar adalah salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Probolinggo - Jawa Timur. Wisata ini memiliki panorama alam yang cukup menarik yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana. 


Diantaranya adalah kolam renang, panggung kesenian, arena permainan, kebun binatang mini dan sebagainya.




Ada juga anjungan yang menjorok jauh ke pantainya. Berada di anjungan itu kita bisa menebarkan pandangan mata ke sekitarnya. Dengan hembusan semilirnya angin laut, di sana kita bisa menyimak indahnya panorama pantai dengan latar belakang gunung di kejauhan

Sayang, beberapa bagian dari anjungan itu ada yang dalam keadaan memprihatinkan karena mengalami banyak kerusakan. Anjungan itu tampak berantakan dan porak-poranda. Bentuk bangunannya tampak miring dengan kerusakan pada banyak bagiannya.

Lantai kayunya bergelombang dan tidak beraturan. Lubang-lubang yang menganga dengan ukuran cukup besar seolah menjadi hiasan pada lantai anjungan.


Begitulah gambaran yang terdapat di anjungan Pantai Bentar yang berada di Kota Probolinggo – Jawa Timur. Mengenaskan dan sangat memprihatinkan ketika saya berkunjung ke wisata pantai itu dan menjumpai anjungan itu belum lama ini 


Betapa tidak, kayu-kayu pada anjungan itu semuanya dalam keadaan yang lapuk. Beberapa kali saya nyaris terjebak menginjak kayu-kayu yang sudah lapuk itu yang menimbulkan bunyi gemeretak ketika sedang diinjak. 


Ketika saya berusaha berpegangan pada kayu pembatas yang ada di tepinya agar tidak terjatuh, ternyata kayu pegangan  itu juga tampak bergoyang-goyang  sebagai indikasi mengalami kerusakan juga.



Di anjungan ini memiliki tiga cabang anjungan. Kesemuanya tampak mengalami kerusakan yang cukup parah. Ada yang rusak pada lantai anjungan,  gazebo atau gardu pandang, atau perpaduan antara keduanya. 




Kerusakan pada anjungan ini sebenarnya sudah dilakukan banyak perbaikan pada beberapa bagiannya karena kerusakan anjungan pada masa sebelumnya jauh lebih parah.

 Perbaikan itu terlihat dari keadaan gazebo yang menjadi lebih baik dan bersih. Tak ada lagi atap genteng yang berlubang disana. Beberapa pengunjung tampak sedang bersantai dan bercengkerama.

Tetapi entah karena menunggu anggaran perbaikan berikutnya atau karena faktor lainnya, masih ada anjungan yang belum diperbaiki.Dan anjungan itulah yang kondisinya paling parah. 

Saya yakin mungkin tak akan ada yang berani melangkahkan kaki untuk melewati anjungan itu. Selain ada lantai kayunya yang berlubang cukup besar, ada banyak bagian kayunya yang juga telah lapuk. 

Semoga keadaan anjungan di Pantai Bentar ini segera mendapat perhatian dari pihak-pihak yang terkait. Alangkah sayangnya jika panorama pantai yang indah itu justru terganggu oleh adanya anjungan yang rusak parah dan memprihatinkan. 


Bukankah tujuan dibangunnya anjungan yang membutuhkan dana yang sangat  besar itu juga untuk membantu para wisatawan dalam menikmati keindahan panorama di Pantai Bentar?
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar