Tips Hamil

Rabu, 19 Maret 2014

Nostalgia Kunjungan Bung Karno Di Kota Tuban

Tuban adalah nama sebuah kota kecil di Jawa Timur. Walau begitu, nama daerah ini sangat diperhitungkan. Setidaknya hal itu terlihat dari cukup banyaknya pejabat pemerintahan yang berkunjung ke daerah yang berada di tepi Pantai Utara Laut Jawa ini.



Salah satunya adalah Ir. Soekarno atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Bung Karno. Presiden pertama Indonesia ini juga pernah berkunjung ke kota Tuban pada tahun 1952.






 Mungkin banyak di antara warga Tuban yang tahu dan mengetahui ramainya suasana kala itu. Tetapi mungkin ada banyak juga yang tidak tahu tentang kunjungan bersejarah Sang Presiden ke Bumi Ronggolawe.



Untunglah ada jejak sejarah yang tersimpan di Gedung Perpustakaan Kota Tuban yang berlokasi di Jalan Sunan Kalijogo. Di sana terpajang beberapa foto lama tentang kunjungan Bung Karno di Tuban. Foto-foto kunjungan Bung Karno dan foto-foto lama lainnya itu terpajang di selasar lantai II gedung perpustakaan.



Cukup menarik menyimak foto-foto yang berwarna hitam putih itu. Terlihat beberapa pelajar sedang duduk bersila mendengarkan pidato Bung Karno. 



Begitu pula foto lainnya tentang beberapa pria dewasa yang duduk di kursi dan mendengarkan pidato Presiden.


Keramaian menyambut kedatangan Bung Karno juga tampak di penjuru kota. Warga banyak yang berkumpul dengan mengenakan pakaian yang lebih baik dan rapi. Tulisan-tulisan di spanduk atau lembaran kertas juga menghiasi penjuru kota.



Salah satu tulisan di lembaran kertas dan ditempel di papan tulis  itu berbunyi : 


" Kundjungan Presiden membawa pertalian 

jang lebih erat antara Presiden dan rakjat."

Kerumunan warga juga tampak di suatu lapangan untuk mendegarkan pidato Bung Karno. Sayang , tak ada informasi yang berisi penjelasan tentang lokasi pidato itu apakah di alun-alun Kota Tuban atau di lokasi lainnya.



Tetapi melihat dari adanya sebuah pohon beringin besar pada foto tempat berkumpulnya warga itu, mungkin bisa dipastikan bahwa lokasinya adalah di alun-alun Tuban.

Keberadaan foto-foto lama di Gedung Perpustakaan  itu bagi sebagian orang mungkin terkesan sederhana dan  biasa saja. Tak lebih dari penghias dinding semata. 



Tetapi bagi mereka pecinta sejarah perjuangan bangsa, foto-foto itu merupakan jejak sejarah yang abadi dan  tak ternilai harganya tentang kota Tuban pada masa lampau. 



Menyimak foto-foto itu seolah  membawa kita bernostalgia pada kebesaran nama Bung Karno.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar