Tips Hamil

Rabu, 25 Maret 2015

Kuliner Gulai Kepala Ikan Manyung di Tuban


Kepala ikan ternyata bisa menjadi olahan menu makanan yang nikmat dan disukai banyak orang. Salah satu contohnya adalah Gulai kepala ikan Manyung yang ada di daerah Tuban - Jawa Timur. Kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit bagi mereka yang suka dengan makanan dengan bahan ikan laut.



Di antara penjual Gulai kepala ikan Manyung itu adalah Warung milik Cak Anam yang berada di Desa Sugihwaras - Jenu yang dekat dengan kawasan terminal baru Tuban . Warung itu memang cukup kecil dan sederhana, tetapi kepopulerannya telah terdengar hingga ke banyak daerah.



Pertama kali melihat menu itu disajikan membuat saya terperangah. Hal ini karena porsinya yang sangat banyak sekali dan sesuai dengan namanya berupa kepala ikan manyung. Kuahnya berwarna kuning emas dengan bau bumbu rempah dan rasa pedas yang kuat .


Agak bingung juga bagi yang belum pernah makan Gulai kepala ikan manyung karena harus memilih bagian-bagian dari kepala ikan itu yang ada ikannya. Rasa dagingnya tidak berbeda jauh dengan daging jenis ikan laut lainnya.

Harga per porsi berkisar Rp 30.000 - Rp 40.000. Bagi yang suka dengan makanan berporsi besar, satu porsi Gulai Kepala Ikan Manyung ini bisa untuk dimakan sendiri. Tetapi bagi yang sebaliknya, untuk satu porsinya bisa dan cukup untuk dinikmati berdua.

Menurut Cak Anam, warungnya itu sudah berjualan Gulai Kepala Ikan Manyung itu sejak beberapa tahun yang silam. Dia sengaja memilih menjual menu itu karena cukup sedikit yang menjual menu makanan itu sedangkan bahan baku kepala ikan manyung berlimpah.


Bahan baku kepala ikan manyung itu dia beli sendiri setiap hari di Pelabuhan Ikan  Brondong - Lamongan yang setiap harinya membutuhkan sebanyak 1-1,5 kwintal kepala ikan manyung.

Gulai kepala ikan manyung ini sebenarnya sangat enak dan nikmat sekali. Sayang, bau amisnya terasa sangat kuat sekali. Bila Anda memegang ikan itu saat memakannya, percayalah bau amis ikan itu masih tercium walau Anda sudah mencuci tangan dengan sabun beberapa kali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar