Tips Hamil

Rabu, 11 Maret 2015

Misteri Benteng Kuno Kedung Cowek Di Surabaya


Ada banyak bangunan kuno di Kota Surabaya. Salah satunya adalah bangunan benteng yang berada di daerah Kedung Cowek yang tidak terlalu jauh dari kawasan Jembatan Suramadu. Sesuai dengan daerah lokasinya, benteng itu pun dikenal dengan nama Benteng Kedung Cowek.


Berbeda dengan benteng-benteng lainnya, benteng ini berada dalam penguasaan dan pantauan pihak militer. Karena itu , tak sembarang orang bisa masuk ke sana. Apalagi pada beberapa bagiannya terdapat pos yang dijaga oleh beberapa personel militer.


Saya sendiri merasa beruntung bisa masuk ke kawasan benteng itu bersama dengan Roode Brug Soerabaia, sebuah komunitas sejarah dan perjuangan yang ada di Kota Surabaya. Komunitas ini pada setahun sekali biasanya mengadakan acara napak tilas sekaligus wisata sejarah dengan menyusuri benteng Kedung Cowek.


Tentu sebuah kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. Suasana seram sangat terasa saat kaki mulai melangkah memasuki kawasan benteng yang mirip dengan suasana di hutan. Pepohonan yang besar dan rindang dengan semak-belukar yang lebat semakin menambah seramnya suasana.

Di antara semak-belukar dan pepohonan itulah terdapat bangunan-bangunan benteng yang berjarak dari satu benteng ke benteng lainnya. Jika sudah dibersihkan dan dibabati semak-belukarnya, ada beberapa benteng yang bisa dikunjungi dan dimasuki. Tetapi ada juga benteng yang tidak bisa dimasuki karena begitu lebatnya semak belukar di sekitarnya.


Di benteng inilah pada masa November 1945 menjadi salah satu lokasi perlawanan para pejuang Surabaya melawan pasukan Angkatan Laut dari Inggris yang menyerang Surabaya dari arah laut. . Konon, saat itu tak terhitung banyaknya pasukan yang gugur dalam pertempuran itu dan jenazahnya bergelimpangan di sana.


Adanya banyak jenazah yang gugur saat pertempuran di sana dengan  kondisi bangunan benteng yang tampak terlantar lengkap dengan keadaan di sekitarnya yang seperti hutan itulah yang tak menutup kemungkinan di sana menjadi lokasi berkumpulnya makhluk-makhluk astral dari dunia gaib.Bagi yang memiliki kemampuan indra keenam mungkin bisa melihat misteri gaib apa saja yang ada di sana.




Misteri lainnya adalah benarkah masih ada banyak persenjataan kuno masa lampau yang masih terpendam di sana mengingat di benteng itu dulu menjadi basis pertahanan dan perlawanan dalam pertempuran yang sangat sengit.

Terlepas dari misteri itu, keberadaan Benteng kedung Cowek ini menjadi jejak sejarah yang tak ternilai di Kota Surabaya. Melalui kegiatan wisata sejarah seperti inilah kita bisa menyimak dan mengenang sejarah itu. Benteng Kedung Cowek ini sendiri mengingatkan saya ketika bersama Roode Brug Soerabaia berkunjung ke benteng yang serupa di Benteng Cakraningrat IV di Pulau Madura.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar