Tips Hamil

Jumat, 27 Maret 2015

Batu Yang Menggantung di Gua Kancing Tuban

Ada banyak destinasi wisata berupa gua di daerah Tuban - Jawa Timur. Salah satunya adalah Gua Kancing yang berlokasi di dusun Tlogo , Desa Prunggahan Kulon - Semanding yang berjarak sekitar 7 km arah barat daya dari pusat kota.



Walau disebut dengan gua, tetapi Gua Kancing ini berbeda dengan karakteristik gua-gua lainnya. Tak ada lorong-lorong panjang dan dalam dengan aneka stalaktit dan stalakmitnya. Yang ada hanyalah lubang-lubang mirip gua yang sepertinya merupakan bekas orang-orang yang menggali untuk mengambil bongkahan batu di sana.


Tetapi walau begitu, Gua Kancing ini memiliki panorama alam yang indah dan luar biasa. Berada di puncak bukit  yang cukup tinggi, sosok gua itu sudah terlihat mencolok dari kejauhan. Apalagi dengan adanya bongkahan batu besar yang berdiri kokoh laksana tebing 
.

Yang menarik, salah satu bongkahan batu besar itu posisinya unik karena berada di atas batu besar lainnya dalam keadaan menggantung dan batu itu seolah mau jatuh ke bawah. 


Di sekitarnya terdapat semak belukar yang cukup rimbun. Jika berada di sana harap hati-hati karena sepertinya merupakan habitat ular. Ini tampak dari adanya bekas ular yang berganti kulit di salah satu rongga bebatuannya. 


Pesona lainnya adalah topografi daerahnya yang berbukit-bukit dengan batu cadasnya yang menjadi tempat untuk berlatih bagi anggota komunitas sepeda gunung. Bukit-bukit itu sepintas mengingatkan saya pada bentuk bukit pada film anak-anak Teletubbies.


Saat yang baik untuk berkunjung ke Gua Kancing ini adalah pada pagi dan sore hari ketika sinar matahari tidak terasa begitu panas. 


Sayang, keindahan Gua Kancing ini ternoda karena adanya ulah-ulah jahil orang-orang yang menorehkan grafiti di bebatuannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar