Tips Hamil

Sabtu, 07 Maret 2015

Misteri Punden Batu Keramat di Gua Ngerong


Ada yang menarik di wisata Gua Ngerong di daerah Rengel - Tuban , Jawa Timur. Selain terdapat jutaan ekor ikan dan kelelawar yang dikeramatkan dan dilindungi oleh warga setempat, di sana juga terdapat sebuah punden batu yang juga keramat.



Punden  itu berlokasi di dekat lubang gua berupa bongkahan batu. Semula saya mengira bongkahan batu besar yang tampak berlumut itu merupakan batu besar yang alami dan merupakan bagian dari Gua Ngerong.


Tetapi setelah dicermati, ternyata bongkahan batu besar itu ternyata merupakan ornamen tambahan yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan bebatuan gua Ngerong.


Di balik ornamen  buatan itu ternyata ada pintu masuk . Bau wangi asap dupa, kemenyan dan aneka bunga menguar dari dalam batu itu. 


Sebenarnya ada juru kunci khusus yang menjaga punden batu itu dan menjadi penghubung bagi siapa saja yang memiliki keperluan khusus di sana. Tetapi saat saya berkunjung ke sana, juru kunci itu sedang tidak ada di tempat.


Untunglah ada seorang ibu penjual biji randu dan roti yang sedang menyapu  di sekitar punden berkenan membantu membukakan pintu masuk ke dalam punden batu. Ternyata di dalamnya terdapat ruangan yang berukuran sekitar 3x3 meter.


Lantai dan dinding di dalamnya berkeramik warna putih. sedangkan bagian atasnya masih polosan. Di dalam ruangan itulah terdapat kain warna putih yang tampak menyelubungi sesuatu benda yang ada di dalamnya. Suasana mistis dan sakral sangat terasa sekali. 

Apalagi di sana juga terdapat abu dengan dupa dan kemenyannya yang senantiasa mengepulkan asapnya dan taburan bunga setaman baik yang masih segar atau sudah kering. 


Menurut ibu itu, punden itu untuk menghormati Ki Kumbang Joyo Kusumo yang konon pada masa lampau berkaitan dengan sejarah awal Gua Ngerong ini pada masa lampau. Dengan disertai oleh juru kunci, warga setempat atau pengunjung lainnya biasanya mengadakan selamatan dengan membawa nasi tumpeng dan aneka sesajian di depan punden batu itu.



Saya merasa penasaran ada apa di balik kain putih itu dan meminta sang Ibu untuk sedikit membuka dan menunjukkan apa dan bagaimana bentuk benda yang ada di baliknya. Ternyata yang ada adalah bongkahan batu kapur yang besar dan bagian atasnya menyatu dengan dinding dan atap gua.



Terlepas dari berbagai mitos dan kisah yang menyertainya, adanya punden keramat itu merupakan sebuah tradisi dan budaya yang menarik yang berkembang di wisata Gua Ngerong sejak masa lampau hingga saat ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar