Tips Hamil

Kamis, 19 Maret 2015

Kuliner Warung Jangkar Yang Legendaris di Tuban


Ada banyak warung atau rumah makan di daerah Tuban - Jawa Timur. Tetapi untuk warung yang satu ini cukup unik dan berbeda. Lokasinya berada di daerah kawasan pedesaan dengan memasuki gang kecil di perkampungan. Tetapi siapa sangka jika warung itu banyak didatangi oleh orang-orang yang ingin menikmati menu masakannya.


Warung Jangkar namanya. Warung ini sangat legendaris di Tuban karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Hampir setiap warga Tuban tahu atau pernah mendengar nama itu. Tentu saja ada juga yang menjadi pelanggannya.

    View : Jelajah Nesia On YouTube 

Warung ini berada di Desa Tegalagung , Kecamatan Semanding yang berjarak sekitar 3 km arah selatan dari pusat Kota Tuban. Lokasinya tidak terlalu mencolok karena agak tersembunyi dalam gang dan perkampungan, juga karena papan petunjuk arahnya juga cukup kecil. Tetapi melihat banyaknya kendaaraan yang parkir di jalan desa , sudah cukup jadi penanda lokasi Warung Jangkar.




Warung ini tak berbeda dengan warung-warung sederhana lainnya. Tak ada bangunan atau hal yang mencolok di sana, selain menu kulinernya yang berasa pedas, khas dan nikmat. Menu kuliner yang tersedia adalah Belut, Lele, Swike, dan Jeroan Belut. 

Semua menu itu menggunakan bumbu yang sama dan hanya berbeda jenis lauknya. Rasa bumbu itu cukup pedas sekali. Bagi mereka yang suka dengan rasa pedas level tinggi, bisa meminta tambahan bumbu yang bentuk dan tampilannya seperti sambal dan berwarna orange itu.



        View Video - Warung Jangkar Part 2

Sedangkan untuk nasinya ada dua pilihan yaitu nasi putih atau nasi jagung. Harga per porsi rata-rata Rp 15.000. Bagi saya, harga itu tentu terasa relatif mahal untuk kuliner dengan tempat  warung yang sederhana dan di kampung. Apalagi nasinya juga cukup sedikit.

Satu hal yang khas dengan warung ini adalah semua menu dan bumbunya dimasak dengan menggunakan kayu bakar pada tungku tradisional. Penggunaan kayu bakar itu konon bisa menambah sedap dan nikmat pada cita rasa masakannya.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar