Tips Hamil

Kamis, 05 Maret 2015

Kuliner Lontong Tuyuhan Yang Khas dan Nikmat



Jatirogo adalah nama daerah di Tuban yang berada di perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ada yang menarik perhatian saya saat melintas di Jatirogo karena di sana terdapat beberapa warung yang menyediakan kuliner dengan nama yang unik yaitu Lontong Tuyuhan.



Saya kemudian masuk ke dalam salah satu warung dan memesan satu porsi Lontong Tuyuhan. Setelah beberapa saat menunggu sang penjual mempersiapkan pesanan saya  dan tentu saja saya juga memotretnya, akhirnya Lontong Tuyuhan pun siap dinikmati.


Ternyata Lontong Tuyuhan cukup sederhana. Tampilan kuliner ini mirip sekali dengan kuliner Opor Ayam ,Kare Ayam atau Kari Ayam. Menurut penjualnya , nama Lontong Tuyuhan itu diberikan karena kuliner ini merupakan makanan khas di daerah Tuyuhan , Rembang  – Jawa Tengah.


Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan Lontong, yaitu beras yang dimasak dan dikemas dalam bentuk khusus dengan menggunakan daun pisang.Sedangkan bahan yang digunakan untuk menyajikan Lontong Tuyuhan ini adalah lontong,  sayur dengan kuah santan dan bumbu rempah-rempah, daging ayam dan terakhir ditaburi dengan bawang goreng.



Harga per porsi Lontong Tuyuhan cukup murah yaitu Rp 10.000 dengan kuah yang cukup banyak dan potongan daging ayam yang cukup besar. 


1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus