Tips Hamil

Selasa, 03 Maret 2015

Mengenang Masa Kejayaan Marching Band Sampoerna


Ada banyak kelompok marching band di nusantara. Tetapi untuk nama Marching Band Sampoerna mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya. Hal ini karena marching band ini hanya eksis pada era tahun 90-an.



Pada masa itu, nama Marching Band Sampoerna sangat fenomenal dan legendaris. Sesuai dengan namanya, para personel marching band ini terdiri dari 234 orang yang kesemuanya merupakan karyawan pabrik rokok terkenal itu. Jumlah 234 personel itu juga identik dengan merek salah satu produk rokok kreteknya.



Aksi dan penampilan marching Band Sampoerna ini di berbagai daerah senantiasa mendapatkan sambutan dan atensi yang meriah dari warga setempat. Selain atraksi dan penampilannya yang memukau, juga karena support promosi yang sangat gencar ala perusahaan rokok.


Tak hanya tampil di nusantara saja. Marching Band Sampoerna juga tampil di mancanegara pada event Tournament of Roses di Pasadena, California - USA pada tahun 1990 dan 1991 mewakili Indonesia. 



Pada tahun 1990, mobil hias Garuda dengan tema Unity in Diversity memenangkan hadiah pertama untuk peserta dari luar Amerika ( The International Trophy ).
 
Sayang, sejak tahun 1992 marching band Sampoerna tidak dilanjutkan lagi entah karena faktor dan alasan apa. Untunglah , kita masih bisa menyimak jejak masa kejayaan Marching Band Sampoerna di House of Sampoerna di kota Surabaya - Jawa Timur.


Di museum itu terdapat koleksi memorabilia Marching band Sampoerna yangterdiri dari kostum, peralatan dan perlengkapan, piagam penghargaan, pin, dokumen peserta ke Pasadena, foto-foto dan sebagainya.



Keberadaan memorabilia itu mengingatkan saya pada kenangan ketika pada tahun 1990 an pernah menyaksikan atraksi dan penampilan Marching Band Sampoerna ini di kota saya - Tuban . 


Saat itu mereka menunjukkan kemampuannya di alun-alun kota Tuban yang berlanjut dengan atraksi keliling kota Tuban.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar