Tips Hamil

Selasa, 21 Januari 2014

Berwisata Religi Di Makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi

Menyebut nama Kota Tuban tentu identik dengan wisata religi Makam Sunan Bonang yang berada di pusat kota. Makam salah satu Walisongo itu senantiasa ramai setiap harinya oleh para peziarah dan peminat wisata religi. 



Selain makam Sunan Bonang , di daerah yang berjulukan Bumi Wali itu  juga terdapat makam wali penyebar  agama Islam yang lainnya yaitu Makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi. 

Biasanya usai berkunjung ke Makam Sunan Bonang, ada banyak peziarah yang langsung melanjutkan menuju ke makam itu .



Makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi ini berada di Desa Gesikharjo Kecamatan Palang, sekitar 10 km arah timur dari pusat kota. Lokasinya sekitar 100 meter kea rah selatan dari Jalan Raya Pantura yang berada di tepi Laut Jawa menuju kea rah Lamongan.


Dari tepi jalan raya itu tampak gerbang kawasan wisata Religi Makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi. Makam itu berwarna hijau dan kuning yang cerah dan mencolok. Pada bagian dinding gerbang itu terdapat  berebrapa hiasan dan ornament.


Yang menarik, di gerbang itu tertulis ajaran dari Sang Sunan yaitu  Sabar  , Neriman ( Menerima ) , Ngalah ( Mengalah ) , Loman ( Suka memberi ) , Akas ( Giat ) dan Temen ( bersungguh-sungguh ).


 Berikutnya juga terdapat gerbang yang bentuk dan warnanya hampir sama dengan gerbang yang pertama. Tak jauh dari gerbang yang kedua ini terdapat masjid Sang Sunan yang cukup besar dan megah. Masjid itu sudah mengalami pembangunan sehingga sudah tidak terlihat bangunan aslinya.

Di sebelah selatan masjid terdapat gapura paduraksa. Sedangkan di sebelah barat atau tepat di belakang masjid terdapat makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi. Makam ini tampak cukup megah dengan cungkup yang terbuat dari kayu jati pilihan.


Cungkup makam itu berhiaskan ukiran yang artistik.Sebuah lampu gantung tampak menghiasi di bagian depan cungkup. Lantai di kawasan makam juga sudah berkeramik.


Di lantai yang di sekitarnya  banyak terdapat makam kuno itulah peziarah memanjatkan doa untuk Sang Sunan atau untuk berbagai  keperluannya yang lain. 


Konon, banyak peziarah yang beranggapan dengan berdoa di makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi ini sangat barokah dan mujarab yang tentunya atas seijin Allah SWT.


Makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi itu tampak berselubung  tirai kain berwarna putih. Seluruh bagian makam juga berselubung kain sutra yang berwarna putih. Beberapa lembar tikar terhampar di dekat makam itu.


Sunan Ibrahim Maulana  Asmaraqondi merupakan ayah dari Sunan Ampel. Tentang sejarahnya ada yang ada yang mengatakan Sang Sunan berasal dari Samarkand yaitu daerah pegunungan di sekitar Rusia. Namun ada juga yang mengatakan bahwa beliau berasal dari jazirah Arab. 


Untuk menghormati dan  menjaga kesakralannya, tak semua peziarah diizinkan untuk masuk ke dalam ruangan makam Sunan Ibrahim Asmaraqondi.Pada setiap harinya, di kompleks  makam  Sunan ini senantiasa mengalun lantunan bacaan ayat-ayat suci Al qur’an dan bacaan doa-doa para peziarah dari berbagai daerah di nusantara.


Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

======================================================================



 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar