Tips Hamil

Rabu, 01 Januari 2014

Mengenang Sejarah Tuban Pada Masa Lampau

Masjid Agung Tuban adalah sebuah bangunan yang sangat indah dan megah di pusat kota Tuban - Jawa Timur. Masjid ini memiliki ornamen yang artistik laksana sebuah istana.

 Bagi yang belum mengetahui, siapa sangka jika ternyata masjid ini merupakan jejak
bangunan kuno yang bersejarah pada masa lampau dan sudah berubah bentuk fisiknya.






Untunglah ada beberapa foto lama yang menggambarkan tentang sejarah Masjid Agung Tuban sebelum dibongkar. Melalui foto-foto lama itu, saya mengajak Anda untuk bernostalgia tentang daerah yang berjulukan sebagai Bumi Ronggolawe ini 


Itulah salah satu foto lama yang menampilkan kenangan dan nostalgia  tentang Kota Tuban - Jawa Timur. Foto-foto lama itu bisa dijumpai di Gedung Perpustakaan Kota Tuban yang berlokasi di Jalan Sunan Kalijogo.

Cukup menarik saat menyimak foto-foto lama itu. Begitu banyak perubahan dan pembanguan yang terjadi di Tuban selama ini. Ini terlihat dari sosok alun-alun kota Tuban pada tahun 1898 yang tampak luas namun cukup lengang. Hanya terdapat pohon beringin tua yang saat ini masih bisa dijumpai keberadaannya.

Hal yang sama juga tampak dari foto Masjid Astana di Kecamatan Jenu, sekitar 10 km arah barat dari Kota Tuban.Begitu juga dengan sosok Pendapa Kabupaten Tuban dan Rumas Pringgitan ( kediaman ) Bupati Tuban tempo dulu. 

Di tampilkan juga rumah asisten Residen Tuban pada tahun 1880. Beberapa foto lama itu didapatkan dari Tropenmuseum Of The  Royal Tropical Institute yang berada di Belanda.
Sosok Presiden Soekarno yang berkunjung dan berpidato di  Tuban pada tahun 1952  juga bisa dijumpai. Tampak warga Tuban beragam usia bersiap dan menyambut Putra Sang Fajar itu dengan penuh antusias dan suka cita.

Di sisi lainnya ada juga pajangan foto tentang beberapa ibu warga Tuban yang berfoto bersama dengan berbusana Jawa yang klasik  dan masing-masing dengan posisi duduk di kursi.


Yang menarik adalah foto Pabrik Gula Wringin Agung  dan  foto sebuah pohon raksasa pada tahun 1900 yang cukup tinggi dengan batang pohonnya yang cukup besar.

Saking besarnya, diameter pohon itu seimbang dengan puluhan orang yang berjejer bersama dan merangkulnya.


Walau tampak  sederhana, pajangan foto-foto lama di Perpustakaan Kota Tuban itu cukup memberi kesan yang mendalam. Dengan menyimaknya, kita bisa mengenang dan bernostalgia  sekaligus  berbagi kisah tentang Indahnya Tuban pada masa lampau kepada lintas generasi.



Free Trial 41.000 Movies  + TV  Episode = Amazon Prime 

======================================================================

Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





==============================

 ====================



Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar