Tips Hamil

Minggu, 05 Januari 2014

Cara Melaporkan Blog Copy Paste Ke Google

Menjadi seorang blogger tentu sangat menyenangkan karena bisa menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang dinikmati oleh banyak orang. Tetapi sayang, ternyata ada juga blogger yang tidak kreatif. Mereka hanya mengandalkan membuat karya dengan menjiplak atau plagiat ( Copy Paste ) blog  karya orang lain.


Banyak di antara mereka yang dengan begitu mudah dan bangganya menjiplak blog orang lain dan kemudian mengakuinya sebagai blog karya sendiri dalam blog mereka. Ada banyak blogger termasuk saya yang menjadi korban plagiat tulisan dalam blog.


Untunglah ada cara untuk mencegah upaya plagiat blog itu. Selain dengan memasang banner yang disediakan oleh situs Digital Media Copyright Act yang bisa menghapus secara otomatis blog-blog hasil copy paste, kita juga bisa melaporkannya ke layanan DMCA Notice yang disediakan oleh Google.






Hasil dari laporan ke DMCA Notice itu akan berakibat fatal bagi blog hasil copy paste. Google akan segera menghapus salah satu atau beberapa posting blog atau bahkan menghapus secara total blog yang dilaporkan itu tergantung pada tingkat  penjiplakan blog itu.



Untuk melaporkan blog hasil copy paste itu tentu tidak bisa sembarangan, apalagi dengan berbagai cara berusaha memutar-balikkan fakta dengan  mengaku blog karya orang lain sebagai karya sendiri. Karena bagaimanapun juga tentu Google punya data dan sistem yang bisa mengecek kevalidan data yang diberikan oleh pelapor. Apalagi Google juga melakukan konfirmasi dan verifikasi terlebih dahulu jika data blog copas yang dilaporkan ternyata tidak valid.




Untuk melaporkan blog copy paste ke Google itu cukup mudah :

1. Klik Link ini  : DMCA Notice   

2. Pada kotak nama isi dengan nama Pelapor

3. Kotak Nama Perusahaan bisa diisi dengan nama perusahaan atau nama blog Anda.

4. Nama lengkap sah pemegang hak cipta bisa Anda bisi dengan nama perusahaan bila            mewakili perusahaan     atau nama lengkap Anda sebagai pemilik blog.

5. Alamat email kontak isi dengan email  Anda yang masih aktif untuk notifikasi dan                verifikasi.

6. Negara domisili isi dengan nama negara domisi.

7. Kotak Di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut? * diisi dengan       alamat url posting blog Anda yang dicopas.  

8. Identifikasi dan uraikan karya berhak cipta * diisi dengan penjelasan tentang posting       blog Anda yang dicopas bisa berupa tanggal penayangan posting blog dan sebagainya. 

    Saya biasanya hanya menuliskan dalam bahasa Inggris seperti ini :  

    It,s one of my original posting blogs published on Nov 23, 2013 that stolen by               http://jelajahnuansaindonesia.blogspot.com. 

9.  Lokasi materi yang diduga melanggar * isi dengan alamat url posting blog hasil copy            paste blog Anda.

10. Berikutnya adalah dengan memberi tanda centang pada dua kotak dalam  Pernyataan          Tersumpah.

11. Isi tanggal saat membuat laporan.

12. Kotak tanda tangan digital isi dengan nama Anda. Ulangi dengan menuliskan nama Anda         lagi bila terjadi trouble saat mengisi kotak tanda tangan digital ini.

13. Klik tombol Kirim dan selesai.


Setelah Anda menekan tombol Kirim,  akan ada notifikasi bahwa laporan Anda sudah diterima oleh Google via email dan dalam beberapa hari berikutnya bisa Anda cek  akibat yang terjadi pada blog copy paste yang Anda laporkan.

Cukup mudah, kan?




Karena itu bila Anda mengalami blog Anda di copy paste, segera laporkan ke 


DMCA Notice. 





Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





 ====================


Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar