Tips Hamil

Jumat, 07 Februari 2014

Pesona Kebun Binatang Mini Yang Unik Di Blitar

Konflik antar pengurus yang berkepanjangan dan tragedi matinya cukup banyak satwa di Kebun Binatang Surabaya membawa benak saya tertuju pada sebuah wisata serupa yaitu Kebun Binatang Mini di Kota Blitar - Jawa Timur. 


Sesuai dengan namanya, kebun binatang itu dalam lingkup yang lebih kecil dengan memiliki bernaeka ragam jenis  satwa. Ironis  dengan Kebun Binatang Surabaya yang sarat dengan  konflik, walau hanya dikelola oleh individu saja dengan segala keterbatasannya, wisata ini berusaha untuk tetap bertahan sebagai destinasi wisata alternatif. 



Buaya itu tampak diam membatu dengan moncongnya yang menganga. Ukuran buaya itu cukup besar dan menurut saya merupakan buaya berukuran paling besar yang ada di kebun binatang dan wisata lainnya di Jawa Timur. Tak hanya 1 ekor buaya saja, tetapi di tempat ini juga terdapat 4 ekor buaya.

Buaya tersebut merupakan salah satu satwa yang bisa dijumpai di Kebun Binatang Mini Sentul yang berada di Kota Blitar - Jawa Timur. Lokasinya tak jauh dari kompleks makam Bung Karno dengan terdapat papan nama penunjuk lokasi yang terdapat di tepi jalan raya.

Cukup menarik berkunjung ke kebun binatang mini dan menyimak koleksi satwa-satwanya. Selain 4 ekor buaya, di wisata yang bertiket masuk Rp 2500 per orang ini juga terdapat satwa lainnya.

Di sebuah sangkar yang berjeruji tampak seekor ular phyton yang berukuran cukup besar dan panjang. Di dekatnya terdapat sangkar yang masing-masing  berisi terdapat seekor burung Ranggong atau Enggang. Burung itu tampak indah dengan warna bulunya yang eksotis dan bentukparuhnya yang unik.

Ada juga burung elang, rajawali, kasuari gelambir ganda dan merak. Burung elang itu terdiri dari berbagai jenis. Sedangkan untuk burung meraknya terdapat tiga ekor yang salah satu diantaranya kerap mengembangkan dan menunjukkan keindahan bulu dan warnanya.





Dibagian belakang wisata yang menempati pekarangan yang cukup luas milik warga setempat ini terdapat koleksi berupa satwa primata seperti monyet, lutung, owa, rusa dan babon.

Selain itu juga terdapat pajangan satwa-satwa unik yang telah mati dan diawetkan. Diantara satwa unik itu terdapat seekor kambing yang bertanduk 4.Menurut Pak Jukri, pengelola, Kebun Binatang Mini Sentul ini didirikan sejak sekitar 10 tahun yang lalu. Koleksi satwanya ada yang berasal dari membeli dan ada juga yang berasal dari sumbangan warga.

Untuk biaya operasional pemberian pakan pada satwa yang terdiri dari ikan, sayur dan buah-buahan itu dalam perhari membutuhkan   dana sekitar Rp 100.000. Tetapi untuk seminggu sekali dana membutuhkan dana yang lebih besar karena merupakan jadwal pemberian makan pada buaya. 

Buaya itu  setiap ekornya bisa menghabiskan pakan sebanyak 5 -10 ekor ayam. Tentu bisa dibayangkan berapa dana yang harus dibutuhkan untuk memberi pakan kepada 4 ekor buaya yang ada disana.

Kebun Binatang Sentul yang kesemua satwanya tampak sehat dan terawat dengan baik ini sebenarnya bisa menjadi salah satu wisata unggulan di Blitar dan menjadi daya tarik penunjang dari wisata Makam dan Museum Bung Karno.

Sayang, dalam eksistensinya selama ini  Kebun Binatang Sentul tidak mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah setempat. Dukungan itu baru diberikan oleh Walikota Blitar yang baru menjabat saat ini dan baru sebatas dengan memberikan sumbangan berupa dua  ekor satwa  rusa saja.

Pak Jukri sebagai pengelola kebun binatang berharap adanya perhatian dan dukungan dari pemerintah atau pihak-pihak lainnya seperti swasta, perusahaan dan yang lainnya untuk membantu pelestarian satwa-satwa itu.

Perhatian dan bantuan dari berbagai pihak  itu sangat dibutuhkan  agar penanganan satwa plus sarana dan fasilitas yang ada di wisata ini bisa dibenahi dengan  lebih baik.Seperti pembenahan pada sangkar satwa, penambahan ornamen-ornamen dan penambahan fasilitas tempat bermain.


=================================================================


Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 


Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

====================================================================




 ====================

===============

Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :



    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar