Tips Hamil

Kamis, 08 Mei 2014

Indahnya Patung Dewi Kwan Im dan Gerbang Naga Di Surabaya

Pantai Kenjeran di kota Surabaya identik dengan wisata pantai dan kuliner berbahan ikan  yang banyak dikunjungi oleh wisatawan . Berada di sana kita bisa menyaksikan dan menikmati indahnya panorama pantai dengan latar belakang jembatan Suramadu di kejauhan.


Selain itu, di wisata ini sebenarnya juga ada destinasi wisata yang tak kalah menariknya yaitu Gerbang Naga Surgawi dengan patung Dewi Kwan Im yang sangat indah.
Patung yang berada di belakang kelenteng Hong Sang Tan atau kelenteng Sanggar Agung itu tampak berdiri megah di tepi pantai kenjeran.


Bentuk dan ukurannya juga cukup menakjubkan karena memiliki tinggi sekitar 20 meter dengan jubahnya yang  berwarna putih kebiruan.


Konon,  patung Dewi Kwan Im ini dibangun setelah seorang karyawan Sanggar Agung melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan di atas air pada saat ia sedang menutup Kelenteng di malam hari. Penampakan tersebut dipercaya sebagai penampakan Dewi Kwan Im.


Untuk masuk ke Gerbang Naga Surgawi ini tidak ada tiket masuk. Tetapi karena berada di kawasan tempat ibadah umat Tri Darma, tentunya pengunjung harus menjaga sikap dan perilaku saat berada di sana dengan menghormati umat yang sedang beribadah.


Patung Dewi Kwan Im berada diatas gerbang sepasang Naga Surgawi yang juga berukuran cukup besar dan megah dengan tinggi 6 meter. Kedua naga yang berwarna hitam kekuningan   itu tampak sedang bermain bola api kecil yang ada di atasnya.



Patung Dewi Kwan Im  juga diapit  oleh sepasang anak kecil penjaga yaitu Shan Nan dan Tong Nu dengan posisi tangan menyembah dan mata yang terpejam.Selain itu juga terdapat patung empat Maharaja Langit pelindung empat penjuru dunia dengan formasi dua patung di bagian kanan dan dua patung di bagian kirinya. Pada patung yang terdapat di bagian kanan mengenakan jubah berwarna merah dan kuning dengan membawa payung.
 

Sedangkan patung yang ada di sampingnya mengenakan jubah berwarna hitam dan kuning dengan kulit wajah dan tubuhnya yang berwarna hijau.
 

Untuk patung yang berada di  bagian kiri mengenakan jubah yang berana hijau dan kuning dengan membawa dua pedang. Pada Dewa yang ada di sampingnya mengenakan jubah berwarna merah dan biru dengan membawa alat musik kecapi.


Sayang, saat saya sedang berada di sana, patung yang indah ini sedang dalam perbaikan dan pengecatan kembali sehingga keindahannya sedikit terganggu.


Tak jauh dari patung Dewi Kwan Im ini juga terdapat patung Guan Gong atau Kwan Sing Tee Koen ( Kwan Kong ) dengan jubah kebesarannya.


Sedangkan berseberangan lokasinya dengan Patung Dewi Kwan Im terdapat patung Maha Brahma yang juga berukuran raksasa dan merupakan bagian dari tempat ibadah Sanggar Agung.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar