Tips Hamil

Sabtu, 31 Mei 2014

Jejak Misteri Makam Ronggolawe di Kota Tuban

Bumi Ronggolawe adalah salah satu julukan bagi Kota Tuban - Jawa Timur. Julukan itu karena Ronggolawe adalah sosok yang legendaris dan berkaitan dengan sejarah berdirinya Kota Tuban.Ronggolawe ( Ranggalawe ) adalah salah satu pengikut Raden Wijaya yang banyak berperan dalam berdirinya Kerajaan Majapahit.
 

Atas jasanya itu, Ronggolawe kemudian diberi hadiah oleh Raja Majapahit berupa daerah dan menjadi penguasa dengan nama Adipati Ronggolawe. Daerah itulah yang dalam perkembangannya kemudian menjadi kota Tuban hingga saat ini.



Sayang, kebesaran nama Ronggolawe kemudian ternoda karena ia dikenal sebagai pemberontak pertama dalam sejarah Kerajaan Majapahit. Entah ada kaitan atau tidak dengan hal itu, Ronggolawe kemudian seolah menjadi sebuah misteri dan begitu pula dengan makamnya.


Banyak polemik tentang makam Ronggolawe, termasuk juga dengan adanya makam kuno di Kota Tuban yang sudah sejak lama diyakini sebagai Makam Ronggolawe. Makam itu berada dalam kawasan Makam Kajongan yang ada di Kelurahan Sidomulyo, atau berjarak sekitar 100 meter sebelah utara dari ruas Jalan Ronggolawe.  


Melangkahkan kaki memasuki Makam Ronggolawe terasa ada nuansa yang cukup seram. Terlebih makam itu berada dalam naungan dua pohon beringin yang besar dan rindang. Makam Ronggolawe itu berada dalam sebuah bangunan berbentuk cungkup.


Makam Ronggolawe itu berhias ornamen kayu berukir denan diselubungi tirai kain kelambu yang berwarna putih. Selain makam Ronggolawe, di dalam bangunan itu juga terdapat 11 makam lainnya yang juga diselubungi dengan tirai kain kelambu. Makam-makam yang berderet dan mengapit makam Ronggolawe itu merupakan makam kerabat dari Ronggolawe. 




Selain makam, sayang tak ada benda-benda kuno yang menunjukkan kebesaran Ronggolawe pada masa lampau di sana. Baik berupa artefak, gapura, bangunan dan sebagainya yang bisa dijumpai. Hanya terdapat bangunan baru dengan prasasti kecil yang bertuliskan bahwa Makam Ronggolawe diperbaiki pada 24 November 1976.


Selain itu, polemik tentang misteri makam Ronggolawe itu juga didasarkan pada adanya nisan dan cara pemakaman yang menghadap ke arah tertentu yang identik dengan tata cara pemakaman dalam Islam. Sementara diperkirakan Ronggolawe hidup pada masa dan peradaban agama Hindu.


Terlepas dari polemik itu, Makam Ronggolawe ini setiap tahunnya menjadi tujuan berziarah Bupati Tuban dan jajaran pemerintah lainnya dalam rangkaian Hari Jadi Kota Tuban.



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar