Tips Hamil

Jumat, 30 Mei 2014

Indahnya Pesona Masjid Agung Tuban Di Malam Hari


Berkunjung ke Kota Tuban - Jawa Timur sungguh sangat menyenangkan dan berkesan. Di pusat kotanya terdapat alun-alun yang sangat luas dengan tamannya yang bersih dan asri. 
 

Di sekitar alun-alun ini ada sebuah bangunan yang sangat indah dan megah. Bangunan itu adalah Masjid Agung Tuban yang  berada di sebelah barat alun-alun.


Arsitektur  Masjid Agun Tuban ini seperti istana dalam negeri dongeng. Saat pagi hingga sore hari, masjid ini sudah menunjukkan pesona keindahan bangunannya. 



Tentu bisa dibayangkan bagaimana keindahan masjid ini kala malam hari saat cahaya lampu penerangannya mulai menyorotkan cahayanya.



Masjid Agung Tuban ini dulunya bernama Masjid Jamik yang merupakan bangunan kuno dan bersejarah dengan arsitektur bangunan bergaya Portugis. 



Masjid Agung Tuban ini menurut sejarahnya diperkirakan didirikan pada awal permulaan pemerintahan Islam yaitu masa pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo, Bupati Tuban ke-7 (abad ke-15). 


Arsitektur bangunan masjid dibuat oleh Toewan Opzichter B.O.W.H.M. Toxopeus, berkebangsaan Belanda dan selesai dibagun dan diresmikan pada tanggal 28 Juli 1894. 


Seperti yang tertulis pada prasasti dari batu marmer yang ada di pilar bagian depan masjid


Dalam perkembangannya, bangunan kuno itu kemudian dibongkar secara total dan hanya menyisakan sedikit sekali jejak sejarah bangunan kunonya. Seperti prasasti pembangunan awal masjid ini di bagian depan, kubah tempat wudhu dan sebagainya.
 


Dengan keindahan bangunannya, Masjid Agung Tuban ini juga menjadi destinasi wisata religi yang dikunjungi oleh banyak wisatawan. Apalagi lokasinya juga berdekatan dengan Makam Sunan Bonang yang menjadi lokasi tujuan Wisata Ziarah Walisongo.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar