Tips Hamil

Rabu, 21 Mei 2014

Misteri Ratusan Kera Di Pemandian Bektiharjo, Tuban


Ada banyak destinasi wisata berupa pemandian atau kolam renang di nusantara. Salah satuna adalah wisata  Pemandian Bektiharjo yang berlokasi di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding - Tuban - Jawa Timur.



Wisata ini cukup unik dan menarik karena berupa pemandian atau kolam renang dengan sumber air alami. Sumber air itu  keluar dari rongga tanah ,bebatuan dan akar pepohonan. Air tersebut sangat bening sehingga terlihat dasar sungainya.



Wisata ini sudah mengalami banyak pembangunan dan pembenahan. Tetapi pembangunan itu tidak mengusik adanya petilasan atau punden di bawah pohon beringin yang besar dan rindang yang dikeramatkan di sana.



 Keunikan lainnya, di wisata ini juga terdapat satwa berupa ratusan ekor kera atau monyet. Tetapi yang menarik, keberadaan kera-kera itu seolah menjadi misteri tersendiri.


Betapa tidak, suatu ketika bila Anda berada di sana Anda bisa menjumpai sekawanan kera itu yang berjalan hilir mudik dan berlarian di antara pengunjung atau bergantungan dan berjumpalitan di pepohonan.



Tetapi di saat lainnya, bisa jadi Anda tak menjumpai satu ekor kera pun di sana. Konon, bila kera-kera itu tak ada di Pemandian Bektiharjo, mereka sedang berpindah tempat dan berkeliaran untuk mencari makanan di Petilasan Gembul yang keramat.



Lokasi Petilasan Gembul itu  sangat jauh sekitar 4-5 km dari Pemandian Bektiharjo. Selain itu , ada pengalaman menarik seperti yang pernah saya alami pada beberapa minggu sebelumnya ketika sedang bercengkerama dengan warga yang tinggal di sekitar Pemandian Bektiharjo. 


Saat itu saya  sedang tidak membawa kamera dan tak jauh dari tempat saya berdiri tampak seekor kera yang cukup besar dan bertaring panjang sedang menengadahkan tangan dari rumah ke rumah seperti aksi pengemis.



Entah karena mungkin sudahmenjadi kebiasaan atau takut diserang oleh kera yang marah karena tidak diberi makan, yang punya rumah segera memberinya makanan apapun yang mereka punya walau itu berupa kerupuk atau sepotong tahu atau tempe. Setelah diberi makanan dan memakannya, kera itu pun segera berlalu berpindah ke rumah berikutnya dengan aksi yang sama.
 

Terlepas dari misteri dan keunikan kera-kera itu, berada di Pemandian Bektiharjo ini memberi sensasi kesegaran alami.Sekitar 1 km arah utara Pemandian Bektharjo terdapat Batu Gajah yang cukup unik dan Legendaris.

  View Video - Watu Gajah


Ada pula makam Sunan Bejagung yang keramat karena konon pada masa lampau sering digunakan untuk melakukan ritual sumpah pocong.



Sedangkan sekitar 3 km arah selatan dari Pemandian Bektiharjo ini terdapat wisata Watu Ondo yang unik dan eksotis.

                                   View Video - Watu Ondo





Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar