Tips Hamil

Senin, 26 Mei 2014

Koleksi Keramik Tiongkok Kuno di Museum Kambang Putih, Tuban

Keramik itu tampak istimewa. Walau sudah berusia ratusan tahun dan diperoleh dari perairan Tuban, tetapi kondisinya masih tampak bagus dan terawat dengan baik. 


Walau minim dengan warna dan ornamen, tetapi tak ada noda kecacatan sedikit pada keramik itu.



Keramik yang berwarna coklat itu adalah merupakan salah satu koleksi Museum Kambang Putih. Museum ini berlokasi di pusat kota Tuban - Jawa Timur. 



Diantaranya adalah koleksi yang berupa keramik-keramik kuno yang ditempatkan dalam etalase-etalase kaca. Keramik-keramik dari Cina itu ditemukan di perairan Tuban yang pada masa lampau merupakan Jalur Sutra ( Silk Road ) sebagai jalur utama perdagangan.




Keramik-keramik itu memiliki fungsi, bentuk dan ukuran yang berragam. Begitu pula dengan warna dan motifnya. Ada yang berbentuk gentong, guci, vas , buli-buli dan sebagainya. 



Yang menarik, ada pula koleksi keramik yang berbentuk piring. Melihat bentuk , warna dan motifnya, keramik yang tampak retak ini serupa dengan piring-piring keramik yang menghiasi di gapura paduraksa yang ada di kompleks Makam Sunan Bonang. Makam Sunan Bonang itu sendiri berjarak sekitar 100 meter dari Museum Kambang Putih.


Aneka koleksi keramik kuno itu ada yang keadaannya sangat bagus dan terawat dengan baik. Tetapi ada pula yang keadaannya sudah tidak utuh lagi karena pecah. 


Keberadaan keramik-keramik kuno itu menjadi salah satu daya tarik Museum Kambang Putih - Tuban.
 



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar