Tips Hamil

Jumat, 09 Mei 2014

Stupa Maha Brahma Yang Indah Di Surabaya

Stupa dengan patung Maha Brahma itu sangat indah , besar dan megah. Sesuai dengan namanya, patung itu menggambarkan sosok Dewa Brahma dalam posisi duduk dengan membawa beberapa pusakanya pada tangannya.


Yang menarik, patung itu memiliki empat wajah yang menghadap ke empat arah yang berbeda.Karena keadaannya itulah banyak orang yang keliru menganggap patung itu  sebagai Budha dengan sebutan Budha Empat Wajah. 


Stupa dan Patung  Maha Brahma merupakan bagian dari Sanggar Agung atau Kelenteng Hong Sang Tan di kawasan Pantai Kenjeran - Surabaya, Jawa Timur - Indonesia.



Nama lainnya bangunan ini adalah Patung Phra Phrom, Maha Brahma, She Mien Fo, atau Four Face Buddha.Pembangunan Stupa Maha Brahma dimulai pada Juli 2003 dan diresmikan pada tanggal 9 November 2004 dengan luas lahannya sekitar 1,5 hektare. 




Bangunan inti berukuran 9×9 meter berada tepat di tengah lahan. Perhitungan pembangunan stupa ini banyak menggunakan angka sembilan karena disesuaikan dengan referensi patung serupa di Thailand.




Patung Budha Empat wajah ini dikelilingi dengan  taman bunga dan empat patung gajah putih dengan tinggi sekitar 4 meter di setiap sudutnya.



 
Yang menarik, pada bagian atas stupa memiliki ketinggian 18 meter. Sedangkan patung Maha Brahma dan singgasana masing-masing setinggi sembilan meter.




Keseluruhan kulit patung dilapisi oleh kampoh ( kertas emas )  22 karat asli dari Thailand yang membutuhkan  biaya pelapisan emas mencapai Rp 1,5 miliar. 





Secara keseluruhan, tinggi Stupa Maha Brahma adalah 36 meter yang disokong oleh empat pilar berwarna hijau keemasan.



Keberadaan Stupa Maha Brahma ini menjadi daya tarik pelengkap selain adanya Patung Dewi Kwan Im dan Gerbang Naga Surgawi di kawasan wisata Pantai Kenjeran  ( Kenjeran - Park ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar