Tips Hamil

Selasa, 27 Mei 2014

Indahnya Makam Islam Yang Berbentuk Candi di Lamongan

Makam itu sangat menarik sekali. Sepintas, bentuknya seperti bangunan candi. Terlebih dengan lokasinya yang berada di atas bukit atau dataran tinggi. Tetapi siapa sangka jika makam kuno itu ternyata makam Islam yang banyak didatangi oleh para peziarah setiap harinya.


Makam yang dikenal dengan situs Sunan Sendang Duwur adalah sebuah kompleks makam kuno. yang terletak di atas bukit Amitunon di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran Lamongan, Jawa Timur .



Untuk menuju ke situs ini dengan melewati jalan kecil yang di kanan kirinya terdapat batu-batu tebing kapur dengan lubang-lubang guanya. Sayang, akses jalan ke sana terasa tidak nyaman karena banyak yang rusak dan berlubang.


Makam Sunan Sendang Duwur sangat menarik karena bentuk arsitekturnya seperti bangunan candi yang  menggambarkan perpaduan antara kebudayaan Islam dan Hindu. 


Pada bagian luar terdapat gerbang yang berbentuk Gapura Bentar seperti yang ada di Bali dan gerbang bagian dalam berbentuk Gapura Paduraksa. 



Banyak ornamen yang indah dan artistik menghiasi di bangunan dan batu-batu nisan di kompleks makam itu. 



Sunan Sendang Duwur (1320-1585),merupakan salah satu ulama besar yang berperan dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Nama asli  Sunan Sendang Duwur adalah adalah Raden Noer Rahman yang merupakan putra dari Abdul Kohar bin Malik bin Sultan Abu Yazid yang berasal dari Baghdad. 


Gelar Sunan Sendang Duwur itu merupakan pemberian Sunan Drajad. Mungkin nama itu juga berdasar pada lokasi kawasan ini yang berada di daerah ketinggian ( Duwur ). Lokasi makam ini sendiri berjarak sekitar 4-5 Km dari makam Sunan Drajat.





Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

1 komentar: