Tips Hamil

Minggu, 01 Maret 2015

Mewaspadai Modus Mencurigakan Melalui Telepon Tak Dikenal


Telepon merupakan sarana komunikasi yang tidka pernah lepas dari komunikasi seseorang. Apalagi jika seseorang itu juga melakukan bisnis dengan mencantumkan nomer kontak teleponnya dalam berbagai media seperti kartu nama, website, blog, dan sebagainya.



Begitu pula dengan saya yang menjalankan usaha bisnis online dengan mencantumkan nomer handphone saya di blog. Tetapi sayang, selain memang ada orang yang menghubungi saya dengan maksud untuk bertransaksi barang sesuai dengan yang apa saya promosikan , ternyata ada juga telepon-telepon lainnya yang tampak aneh dan mencurigakan.

Seperti yang saya alami cukup sering saya ditelepon oleh orang-orang baik itu laki-laki atau perempuan dari berbagai kota. Dalam perbincangannya mereka mengaku dari perusahaan besar, departemen atau instansi pemerintahan yang menelepon dari berbagai daerah.

Dengan gaya bicara yang seolah meyakinkan , mereka pada intinya mengajak saya janjian untuk bertemu di suatu tempat dengan tujuan yang mereka tentukan sendiri. Tentu saya menolak dan tidak menanggapi apa yang mereka katakan itu dan segera menutup pembicaraan.


Tak hanya sekali saja, aksi itu biasanya berlanjut pada hari lainnya dengan orang yang berbeda dan mengaku dari perusahaan atau instansi yang berbeda pula tetapi tetap dengan modus yang sama.

Tentu hal ini sangat mencurigakan karena saya tidak tahu tentang mereka, tidak pernah menghubungi mereka dan tidak ada keperluan apapun yang berkaitan dengan mereka. Bisa jadi, dengan mengikuti perbincangan dan ajakan mereka yang aneh itu merupakan jebakan awal untuk melanjutkan aksi kriminal yang telah mereka rencanakan sebelumnya.


Tak menutup kemungkinan adanya aksi gendam, perampokan, begal dan sebagainya bisa berawal dari sini yaitu berkomunikasi dengan orang-orang yang tak dikenal , mengikuti ajakan bertemu di satu tempat dan sebagainya. 

 

Karena itu, tetap waspada dan berhati-hatilah bila Anda menerima telepon dari orang yang tidak Anda kenal dan mengajak Anda untuk bertemu di suatu tempat untuk tujuan dan keperluan yang Anda tidak tahu dan tidak pernah ada komunikasi sebelumnya.

Setidaknya hal ini bisa menjadi tindakan preventif jika ada modus kriminal yang akan dilakukan oleh sang penelepon pada diri Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar