Tips Hamil

Jumat, 20 Desember 2013

Ikan Langka Arapaima Di Kebun Binatang Surabaya

Ikan Arapaima (Arapaima gigas)  itu sangat menarik sekali. Ukurannya cukup besar dengan panjang sekitar 2 meter lebih. Ada motif  dan warna yang menghiasi tubuhnya Ikan itu adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan.


Di nusantara,  ikan Arapaima termasuk jenis yang langka karena hanya bisa dijumpai di beberapa tempat saja. Salah satunya adalah di Kebun Binatang Surabaya. Di  wisata yang sudah ada sejak lama ini ada dua ekor  ikan Arapaima ditempatkan dalam sebuah kolam keramik.


Setiap harinya, ada banyak wisatawan yang bergerombol di kolam yang berada  di  samping pintu masuk wahana Aquarium untuk menyaksikan keunikan ikan itu. Pesona keheranan dan kekaguman terpancar pada wajah mereka pada ikan Arapaima itu.


Selain ikan Arapaima , Kebun Binatang Surabaya yang tiket masuknya Rp 15.000 ini juga memiliki koleksi aneka satwa lainnya. Koleksi itu menempati lahan yang sangat luas dengan banyak pohon yang besar dan rindang . 


Setelah melewati loket masuknya , ada dua buah meriam di sana dan monumen yang seolah menjadi penjaga di wisata ini.

Saat berada di sana, saya terpesona dengan koleksi berupa burung Maleo yang berasal dari Sulawesi. Ternyata burung itu berukuran cukup besar dengan bentuk dan warnanya yang indah. Burung ini menempati sangkar yang cukup besar pada deretan sangkar burung jenis lainnya.


Ada juga kandang hewan unta dan jerapah yang banyak dikerumuni oleh wisatawan. Rupanya mereka tertarik untuk berfoto ria bersama satwa  yang berukuran besar dan jinak itu.


Tak jauh dari kandang unta dan jerapah , ada kandang sekawanan komodo. Saat itu, dari kejauhan saya melihat sekawanan komodo itu seolah sedang tidur pulas di bawah rindangnya pohon yang ada di dalam kandangnya. 



Agak susah juga awalnya untuk mencari dan melihat  komodo-komodo itu karena warna tubuhnya yang menyerupai warna batu dan tanah.
Selain aneka satwa, di wisata ini juga terdapat aneka permainan untuk anak-anak. Ada juga perahu yang disewakan untuk menyusuri sungai buatan disana.



Ini adalah kunjungan saya yang kesekian kalinya di wisata ini. Dan saat  menyusuri Kebun Binatang Surabaya , ada rasa penasaran dan keheranan yang membuncah  dalam benak saya. 



Sebagai destinasi wisata yang sudah ada sejak lama dan menjadi wisata favorit di Surabaya, tak banyak perkembangan dan kemajuan yang saya jumpai pada  saat ini dibandingkan dengan kunjungan awal saya ke wisata ini pada puluhan tahun yang lalu.

Bahkan ada beberapa sarana dan prasarana yang tampak rusak dan terlantar begitu saja yang menampakkan suasana cukup angker dan penuh dengan nyamuk.Saya tidak tahu apa sebabnya.


Saya berharap semoga maraknya pemberitaan di media yang mengabarkan bahwa wisata ini akan segera dibenahi dengan dana miliaran rupiah bisa segera terrealisasikan. 


Setidaknya itu bisa menjadi wajah baru dan penyegar penampilan Kebun Binatang Surabaya. Baca jua artikel lainnya tentang Kebun Binatang Surabaya di link bawah ini  : 


Bersepeda Dengan Orang Utan Di Surabaya
 Cara Jitu dan GRATIS Untuk Promosi Blog / Website 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar