Tips Hamil

Selasa, 17 Desember 2013

Semaraknya Arak-arakan Pengantin Lombok Di Sumbawa

Sore itu di ruas jalan raya di daerah Alas Prenang,  Sumbawa - Nusa Tenggara Barat tampak sangat ramai sekali. Ada banyak warga yang berkerumun di tepi jalan. 

Dari kejauhan terdengan suara hingar-bingar musik yang sangat  keras. Kemacetan lalu lintas terjadi beberapa lama  karena memberi jalan arak-arakan yang melewati jalan itu.





Begitulah gambaran suasana arak-arakan penganting warga Suku Lombok. Mereka memang mempunyai tradisi untuk mengarak pengantin dengan diiringi lagu dan  musik sepanjang jalan. 


Cukup menarik menyimak arak-arakan itu. Di bagian depan tampak pengantin wanita yang digandeng oleh rekan wanitanya dan perempuan lain di belakangnya. Pakaian yang mereka kenakan sangat mencolok dengan warna-warna yang cerah dan bernuansa emas.


Di belakang rombongan pengantin wanita itu baru menyusul rombongan pengantin pria. Sang pengantin tampak gagah dengan pakaian kebesarannya. Kacamata berwarna hitam seolah menegaskan kegagahannya.Pengantin pria ini juga dikawal oleh rekan-rekan pria, keluarga dan tetangganya.


Yang menarik, di bagian belakangnya terdapat rombongan pemain musik dan kesenian tradisional . Diantaranya adalah kesenian tradisional kendang Beleq yang menggunakan tetabuhan berupa kendang yang berukuran besar dan diselempangkan pada tubuh pemainnya.


Pada bagian berikutnya terdapat rombongan pemain musik dengan peralatan yang lebih modern dan dilengkapi dengan peralatan sound system. Beberapa penyanyi wanita yang menyanyikan lagu-lagu bernuansa Lombok tampak dalam rombongan itu. 


Selama perjalanan, rombongan yang mengiringi pengantin terlihat gembira sambil berjoget mengikuti irama musik. Begitu pula dengan Sang Pengantin yang sesekali juga ikut berjoged.


Yang menarik, sebelum berangkat, rombongan arak-arakan ini berkumpul di sebuah lapangan yang berjarak sekitar 1 km dari rumah mereka. Dari lapangan itu mereka kemudian berjalan dan berjoged sepanjang jalan menuju ke rumah Sang Pengantin.



Tradisi arak-arakan pengantin  ini merupakan salah satu rangkaian dari memeriahkan pernikahan. Selain itu di lokasi acara biasanya juga ditampilkan kesenian Kecimol atau Joged Jangger yang banyak menarik perhatian warga.



Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================





==============================

 ====================



Artikel-artikel Menarik lainnya bisa Anda baca 

di Link berikut ini :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar