Tips Hamil

Rabu, 11 Februari 2015

Gua Srunggo Dipercaya Dijaga Siluman Buaya


Ada banyak gua di daerah Tuban - Jawa Timur. Tetapi entah kenapa, untuk gua yang satu ini terasa sangat berbeda sekali. Ada nuansa mistis dan seram yang  sangat terasa sekali saat saya berkunjung ke sana.



Terlebih dengan rindang dan lebatnya pepohonan dan semak-semak di sekitarnya menjadikan Gua Srunggo ini cukup menakutkan bagi siapa saja yang belum pernah mengunjunginya. 


Saya sendiri tidak berani terlalu mendekat dengan gua itu. Selain cukup licin, juga karena konon ada mitos yang berkembang di warga setempat sejak lama hingga saat ini bahwa di Gua Srunggo ini dijaga oleh siluman buaya putih.




Siluman buaya itu konon tinggal di salah satu lorong gua yang gelap dan di dalamnya terdapat sungai dengan mengalir air yang tak pernah kering. Menurut mitos , siluman buaya itu  pada masa lampau ditaklukan oleh Syekh Rifai , ulama besar setempat dan dikerangkeng dengan pagar gaib agar tidak mengganggu warga setempat yang sedang mandi atau beraktifitas di Gua Srunggo.


Gua Srunggo ini berlokasi di daerah Merakurak - Jawa Timur. Dari kejauhan , sosok gua itu tidak terlihat karena lubang masuknya berada di bawah permukaan tanah dengan ditutupi oleh rimbunnya pepohonan dan semak-semak.


Bongkahan batu-batu besar berada di depan dan dalam gua seakan menjadi pagar alami yang melindungi Gua Srunggo. Di dalam gua ada sungai yan walaupun airnya jernih, tetapi warna airnya tampak biru tua. Ada ratusan ekor ikan hidup di aliran airnya.


Belum ada data dan informasi yang jelas tentang berapa kedalaman lorong-lorong gua dan kedalaman air sungainya. Begitu pula dengan bagaimana keadaan  di dalam gua Srunggo.

Tetapi dengan adanya mitos tentang siluman Buaya Putih dan seramnya suasana di Gua Srunggo ini, tentu bisa dibayangkan tentu tak ada banyak orang yang punya nyali untuk masuk, meneliti dan membuat foto-foto dokumentasi di dalam gua Srunggo.




1 komentar: