Tips Hamil

Sabtu, 07 Februari 2015

Nasi Krawu Yang Nikmat di Kota Gresik


Kota Gresik - Jawa Timur mungkin identik dengan kuliner kue Pudaknya yang khas dan nikmat. Selain itu, di Gresik juga ada kuliner lainnya yang khas dan tak kalah nikmatnya yaitu Nasi Krawu.



Entah kenapa kuliner itu dinamakan Nasi Krawu. Tetapi yang jelas, Nasi Krawu ini cukup lezat dan nikmat. Tampilan Nasi Krawu sepintas mirip dengan nasi yang biasa disajikan dalam acara hajatan. 


Ada taburan suwiran daging sapi, Serundeng dari parutan kelapa, sambal terasi yang khas dan sambal taburan bumbu Mangut yang agak aneh rasanya.Ada juga semangkuk kecil kuah yang berisi kaldu dan lemak .



Walau tak banyak , Nasi Krawu ini bisa dijumpai di berbagai tempat di Kota Gresik. Harga per porsi berkisar antara Rp 15.000 untuk Nasi Krawu yang standard. Untuk Nasi Krawu dengan tambahan lauk-pauk lainnya seperti telur, jerohan, dan sebagainya tentu harganya juga bertambah.

Saat di Gresik ini saya mencoba mampir ke warung Nasi Krawu Buk Tiban II . Menurut Ibu penjualnya, setiap hari cukup banyak beras yang dia masak untuk melayani permintaan Nasi Krawu di warungnya. 



" Kalo berapa banyak beras yang saya masak setiap harinya itu saya kurang hafal. Tetapi kalau untuk kebutuhan daging sapinya sekitar 30 kg per hari, " ujar ibu tersebut. 

Yang menarik, dalam penataan nasi Krawu itu juga menggunakan alas daun pisang yang menjadikan penampilannya tampak segar dan memancing selera makan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar