Tips Hamil

Minggu, 08 Februari 2015

MULTI , Komunitas Penyayang Musang di Tuban

Ada yang tampak berbeda di wisata Pantai Boom Tuban pada hari minggu sore. Di sana ada cukup banyak warga yang berkumpul di bagian tengah kawasan pelabuhan kuno yang legendaris itu. 


Tak hanya berkumpul saja, tetapi mereka juga membawa binatang kesayangannya yaitu musang atau Luwak. Musang-musang aneka jenis, warna dan ukuran itu ada yang berkeliaran dengan bebas untuk yang jinak dan ada yang ditempatkan dalam sangkarnya untuk yang masih belum jinak. Berbagai piala, piagam dan medali penghargaan juga dipajang di sana.

Sambil berinteraksi dengan sesama rekan dan satwanya, mereka juga sesekali berinteraksi dengan pengunjung Pantai Boom lainnya. Baik dengan berfoto bersama dengan musang, memberi penjelasan tentang musang dan sebagainya. Di akhir kegiatan, mereka kemudian berdiskusi untuk membahas rencana keikutsertaan mereka dalam even bertema Musang di kota lainnya. 



Begitulah  gambaran suasana gathering MULTI ( Musang Lovers Tuban Indonesia ), sebuah komunitas penyayang Musang di Kota Tuban - Jawa Timur. Kegiatan gathering ini merupakan kegiatan rutin mingguan MULTI di wisata Pantai Boom setiap hari Minggu sore. 


Dipilihnya wisata pantai Boom sebagai lokasi gathering mingguan karena lokasinya yang cukup luas, juga karena cukup sejuk , aman dan nyaman. Dalam gathering itulah, antar anggota bisa sharing atau berbagi ilmu, pengetahuan  dan pengalaman tentang Musang.


Menurut Wahyu NC , salah satu pengurus, MULTI ini sudah eksis cukup lama dengan anggotanya mencapai ratusan orang. Tujuan dibentuknya MULTI ini untuk  melestarikan musang yang ada di Indonesia ,  khususnya di Tuban . 

" Kami juga sosialisasi kalau musang itu bukan merupakan hama yang harus dibasmi, tapi bisa jadi hewan primata yang bisa di pelihara dan disayang seperti halnya  kucing , anjing dll. " ujar Wahyu NC.


Dengan adanya MULTI ini diharapkan semoga bisa saling share tentang musang, mengembangkan musang seperti di alam bebas sana, serta mengajak semua warga bila mengetahui musang janganlah di tembak ataupun di aniaya, melainkan kita jaga habitatnya.

" Seperti moto MULTI : Satukan Hati . Bersama Kita Bisa Lestarikan Musang , " lanjut Wahyu NC .


Selain gathering di Wisata Pantai Boom, MULTI juga sering mengadakan sosialisasi musang di sekolah-sekolah dan lokasi lainnya.  Komunitas MULTI ini sendiri terbuka untuk umum tanpa ada batasan waktu. Tak ada syarat khusus untuk bisa bergabung. Yang utama adalah punya kepedulian dan kasih sayang pada satwa musang . 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar