Tips Hamil

Jumat, 15 November 2013

Kue Pudak Yang Unik dan Khas Di Gresik

Pudak, begitulah nama kuliner ini. Bentuknya cukup unik dan khas yang menggelembung menyerupai karung atau kantong. Bahan pembungkusnya juga menggunakan bahan alami berupa  pelepah pinah yang kemudian dijahit sedemikian rupa.

Pudak ini merupakan oleh-oleh khas di Kota Gresik - Jawa Timur. Cukup mudah untuk memperoleh dan membeli kue pudak ini karena banyak dijual di penjuru kota Gresik.
Rasa Pudak ini  cukup nikmat dengan tekstur yang kenyal tapi lembut. Ukurannya sebesar genggaman tangan remaja. Terasa cukup mengenyangkan bila memakan 2-3 bungkus pudak.

Proses pembuatan pudak ini tergantung pada adanya Ope ( pelepah pinang ) sebagai pembungkusnya. Entah karena faktor keuletan serat-seratnya atau faktor lainnya,  Ope sudah sejak lama digunakan untuk membungkus pudak.  


Para pembuat pudak tetap bertahan menggunakan Ope walau saat ini tersedia plastik atau kermasan lainnya yang lebih mudah dan praktis.

Pangkal pelepah daun pinang itu sendiri harus disamak lebih dahulu untuk memisahkan kulit luar dan kulit dalam. kulit bagian dalam inilah yang dimanfaatkan. 

Setelah Ope dibersihkan dan dipotong-potong sesuai ukuran, kemudian dilipat dan dijahit dengan alur seperti huruf L tanpa sudut.

Sehingga sisi dan dasarnya tertutup dan membentuk ruang seperti gelas atau contong . Setelah adonan dituangkan di dalam contong, ujung kemasan yang terbuka dikuncupkan dan diikat dan selanjutnya dikukus.


Cara menjual Pudak  juga menarik karena pudak dalam bentuk rentengan yang digantung secara berjajar. Konon, cara menjual pudak dengan cara menggantung ini selain untuk menarik perhatian, juga bisa menajdikan pudak lebih tahan lama. Disamping juga bisa menguarkan bau harum pudak.

 
Ada tiga jenis Pudak yang biasa dijual di berbagai sudut Kota Gresik seperti di Jalan Veteran atau di Jalan Sindujoyo dengan harga Rp 15.000- Rp 20.000 per renteng yang berisi 10 bungkus.

Pada dasarnya bahan pembuat kue pudak adalah tepung beras / tepung sagu , santan, dan gula pasir / gula merah.

 
Yaitu pudak yang berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan gula pasir, pudak yang berwana coklat yang terbuat dari tepung sagu dan gula jawa,  dan pudak yang berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras , gula pasir dengan pewarna dan aroma daun pandan.

Dengan kenikmatan dan kekhasannya, Pudak ini bisa  masuk dalam daftar oleh-oleh Anda jika berkunjung dan berada di Kota Gresik. 




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

2 komentar:

  1. Salam bloger indonesia, numpang komen ya... Artikelnya bagus... makasih ya dah share... o iya yg mo tau Discount Pulau Seribu, Bidadari, Pantara, Kotok, Putri, Ayer, Sepa, Jl. Lodan Timur 7, Marina Ancol, Jakarta Telp : 02168274005 / 08159977449.

    BalasHapus
  2. artikelnya bagus banget.
    Jangan lupa ikutan lomba blog 'Jelajah Kuliner Unik Nusantara' ya. Hadiahnya wisata kuliner di 5 kota Indonesia bareng Daihatsu. Yuk ikutan, tinggal 3 hari lagi lho! Info --> http://bit.ly/jelajahkuliner :D

    BalasHapus