Tips Hamil

Senin, 11 November 2013

Mengenang Peristiwa Perobekan Bendera Belanda di Surabaya

Suasana di kawasan Hotel Majapahit pada hari Minggu sore tanggal 10 November 2013 tampak ramai oleh warga kota Surabaya. Mereka berada di sana untuk mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangkaian kegiatan Parade Surabaya Juang 2013 untuk memperingati Hari Pahlawan.







Ribuan warga yang diantaranya terdapat Walikota Surabaya , para veteran,pelajar , mahasiswa, tentara, dan sebagainya tampak khidmat saat beberapa pemuda mengibarkan bendera Merah Putih itu diatas bangunan hotel.

Pada acara itu dilakukan pengibaran  bendera merah putih di puncak gedung,pembacaan puisi karya KH. Mustofa Bisri dan teatrikal yang bertema perjuangan dan kepahlawan .



Peserta dalam parade juang ini diantaranya adalah para Veteran yang tampak antusias dan bercampur haru ketika mengikuti acara ini.   
Di hotel  Majapahit itulah yang merupakan  salah satu jejak perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan pendudukan kolonial  di Surabaya pada tahun 1945. 


Karena di hotel itu terjadi peristiwa yang sangat bersejarah dan heroik yaitu perobekan bendera Belanda oleh para pejuang Indonesia yang biasa dikenal dengan sebutan heroik  Arek-arek Suroboyo. 

Bendera Belanda yang berwarna merah , putih dan biru itu dirobek pada bagian warna birunya dan kemudian dikibarkan kembali menjadi bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih. 

Kisah itu bermula pada tanggal 18 September 1945, datanglah di Surabaya (Gunungsari) opsir-opsir Sekutu dan Belanda dari AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) bersama-sama dengan rombongan Intercross dari Jakarta.

Rombongan Sekutu tersebut oleh administrasi Jepang di Surabaya ditempatkan di Hotel Yamato, Jl Tunjungan 65, sedangkan rombongan Intercross di Gedung Setan, Jl Tunjungan 80 Surabaya, tanpa seijin Pemerintah Karesidenan Surabaya.

Dan sejak itu Hotel Yamato dijadikan markas RAPWI (Rehabilitation of Allied Prisoners of War and Internees: Bantuan Rehabilitasi untuk Tawanan Perang dan Interniran).
Sekelompok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.Ch Ploegman pada sore hari tanggal 19 September 1945, tepatnya pukul 21.00, mengibarkan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru), tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya, di tiang pada tingkat teratas Hotel Yamato pada sisi sebelah utara. 

Keesokan harinya para pemuda Surabaya melihatnya dan menjadi marah karena mereka menganggap Belanda telah menghina kedaulatan Indonesia, hendak mengembalikan kekuasan kembali di Indonesia, dan melecehkan gerakan pengibaran bendera Merah Putih yang sedang berlangsung di Surabaya.

Kabar tersebut tersebar cepat di seluruh kota Surabaya, dan Jl. Tunjungan dalam tempo singkat dibanjiri oleh massa yang marah. Massa terus mengalir hingga memadati halaman hotel serta halaman gedung yang berdampingan penuh massa yang diwarnai amarah. 

Di sisi agak belakang halaman hotel, beberapa tentara Jepang berjaga-jaga untuk mengendalikan situasi tak stabil tersebut. Dalam perkembangan berikutnya pada  peristiwa itu kemudian menyebabkan Mr. W.V. Ch Ploegman  
tewas oleh para pejuang.

Hotel ini dahulunya bernama LMS, lalu Hotel Oranje dan kemudian Hotel Yamato dan juga Hotel Hoteru. Sekarang Hotel Majapahit yang dibangun pada tahun 1910 oleh Sarkies Bersaudara dari Armenia  tersebut sudah berubah menjadi hotel bintang lima dengan total 143 kamar di lantai satu dan dua.

Kini bangunan itu menjadi Hotel Majapahit Surabaya yang  sebelumnya bernama Mandarin Oriental Majapahit Hotel . Dengan gaya Art Deco klasik yang menawan, bangunan hotel ini  direstorasi secara menyeluruh pada tahun 1996.



41.000 Movies +TV  Episode = Amazon Prime 

===============================================================


Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================






==============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar