Tips Hamil

Selasa, 19 November 2013

Jejak Markas Tentara Inggris Di Gedung Internatio Surabaya

Ada yang istimewa dengan kawasan Jembatan Merah di Kota Surabaya - Jawa Timur. Selain menjadi saksi bisu heroisme arek-arek Suroboyo pada masa perjuangan, di daerah ini juga banyak terdapat bangunan kuno yang saat ini masih tetap terawat keberadaannya.



Salah satunya adalah bangunan yang dikenal dengan nama Gedung Internatio. Bangunannya sangat mencolok karena megah, besar dan luas. Apalagi dengan baluran warna merah dan putih pada gedung menjadikannya begitu mudah dikenal. 

Simak : Aksi Lucu Bayi Ber Gangnam Style  


Menurut Ady Setyawan, ST. dari komunitas Roode Brug Soerabaia, dalam perjalanan sejarahnya gedung Internatio ini dulu menjadi  salah satu markas tentara Inggris dan tentara Sekutu dalam menghadapi perlawanan dari pejuang di Surabaya.  

Gedung ini menjadi markas Pasukan Komandan Brigade ke-49 Inggris, yang mendarat di Surabaya pada 25 Oktober 1945.



Pada masa kolonial Belanda, Gedung Internatio bernama  Internationale Crediten Handelvereeniging . Di gedung inilah menjadi salah satu tempat pengelolaan perdagangan pada  saat itu.

Perusahaan Internatio merupakan perusahaan yang berdiri sejak 1863 sampai 1970 dan dibentuk oleh produsen kapas di Twente yang bergerak di bidang pembiayaan perdagangan.
Gedung Internatio berada  di sudut jalan Heerenstraat dan Willemsplein, yang sekarang disebut jalan Jayengrono . Tepatnya berada di dekat Jembatan Merah Plaza,Gedung Cerutu, Gedung De Javasche Bank dan Hotel Ibis. Lokasinya berjarak sekitar 100 meter arah barat dari Membatan Merah.



Gedung Internatio sendiri  didirikan pada  tahun 1927 dan rampung pada 1931. Penggarapnya adalah biro arsitek AIA Aristech (Algemeen Ingenieurs en Architecten Bureau). 


Arsitek pada masa itu adalah Ir.Frans Johan Louwrens Ghijsels, arsitek terkenal yang juga perancang Rumah Sakit “Onder de Bogen” di Yogya (kini Panti Rapih) dan Stasiun Kota Jakarta. 



Yang menarik,  pada masa itu ada sebuah Koran sehari sebelum peresmiannya pada 1 Agustus 1931, menggambarkan  bagaimana bentuk  bangunan ini dalam kalimat yang memikat:
Kesederhanaan facade depan gedung inilah yang memberikan gedung baru ini sebuah karakter. Gedung ini berdiri diatas landasan granit Padalarang begitu juga dinding-dindingnya. Nama dagang Internatio terpasang megah dari bahan timah; kedua menara di ujung kanan dan kiri terpasang tiang bendera yang dekoratif.”



Sedangkan kisah heroisme itu  salah satunya adalah peristiwa 10 November 1945. Saat itu arek-arek Suroboyo yang hanya bersenjatakan seadanya mengepung gedung ini.  Aksi mereka  ditanggapi oleh pasukan tentara Inggris dan sekutu yang dengan senjata-senjata lebih modern melakukan perlawanan pada pejuang Surabaya .
Keadaan semakin tak terkendali ketika tiba-tiba sebuah granat meledak dan disusul berondongan tembakan pasukan Sekutu. Pertempuran itu berujung dengan  terjadinya ledakan pada  mobil yang ditumpangi Brigjen AWS. Mallaby dan menewaskan pimpinan tentara Inggris itu .
Sayang, kini Gedung Internatio yang kini menjadi milik swatsa itu  tidak difungsikan lagi dan tertutup bagi umum. Adanya banyak lapak pedagang dan terminal bayangan untuk bis kota dan angkutan kota di sekitarnya menjadikan kawasan di sana tampak ruwet dan kumuh.




Dijual Tablet Smartfren New Andromax Tab 7.0 

Hadiah Lomba dari Vivanews. 

Kondisi 100% Baru, Lengkap dan Tersegel.

Harga Penawaran Rp 1,5 juta

Barang Langka - Stock Galeri Smartfren Sudah Kosong Lama

Harga Tablet Smartfren New Andromax Tab 8.0 Rp 2,3 juta

Kontak Agung - 0823 3388 7121

=====================================================================




Tidak ada komentar:

Posting Komentar