Tips Hamil

Rabu, 04 Februari 2015

Misteri Patung Gajah dan Naga di Rumah Gajah Mungkur


Sepintas, tak ada yang istimewa dengan patung yang berwarna abu-abu setinggi sekitar 1,5 meter itu. Menggambarkan sosok satwa gajah lengkap dengan gadingnya. Tetapi entah kenapa, patung gajah itulah yang menjadi salah satu daya tarik sehingga selalu dijadikan latar belakang untuk berfoto.



Seperti tampak pada sore itu beberapa pelajar tampak bergantian berfoto bersama ornamen patung yang dikenal dengan nama Gajah Mungkur itu. Patung gajah kuno itu berada di kawasan Rumah Gajah Mungkur yang berada di Jalan Nyi Ageng Arem - Arem , Gresik - Jawa Timur.


Rumah yang indah dan megah yang dibangun oleh saudagar kaya pada masa lampau itu terbuka untuk umum asal sopan dan hanya melihatnya dari bagian luar saja. Pengunjung tidak diijinkan untuk masuk ke bangunan dan ruangan-ruangannya.


Cukup menarik dan mengagumkan bisa menyimak dan menikmati keindahan dan kemegahan Rumah Gajah Mungkur yang berada di lahan seluas 2000 meter itu. Konon, karena keindahan dan kemegahannya itulah, pada masa lampau rumah Gajah Mungkur pernah dikunjungi oleh Raja Pakubuwono dan Ratu Belanda.



Ada satu misteri yang melingkupi benak benak warga Gresik dan sekitarnya tentang kisah patung Gajah  Mungkur itu. Pertanyaannya kenapa patung gajah itu ditempatkan dengan posisi menghadap rumah dan membelakangi jalan raya ? Benarkah hal itu dilakukan untuk melecehkan pedagang kompetitor yang melewati jalanan di depan Rumah Gajah Mungkur ?



Tentang hal itu saya konfirmasikan pada Mas Husein, ahli waris generasi ke 4 pemilik Rumah Gajah Mungkur. Menurutnya patung Gajah Mungkur itu dulu mungkin diposisikan seperti itu  agar bisa dipandang dan dinikmati oleh keluarga saat duduk dan bersantai di teras rumah.

Tak hanya patung Gajah Mungkur saja, dulu di kawasan rumah itu juga ada dua patung Naga. Tetapi sayang patung naga itu sudah tidak berbekas lagi karena rusak. " Tentang dipilihnya sosok gajah itu mungkin untuk melambangkan kejayaan, " kata Mas Husein.

Terlepas dari misteri itu, keberadaan Rumah Gajah Mungkur dengan patung Gajah Mungkurnya itu menjadi salah satu destinasi wisata sejarah dan budaya di Kota Gresik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar