Tips Hamil

Senin, 30 Juni 2014

Bunker Kuno dan Bersejarah Di Kota Surabaya

Ada banyak bangunan kuno di kawasan Jembatan Merah dan sekitarnya di Kota Surabaya - Jawa Timur. Salah satunya adalah bangunan yang berupa bunker yang dibangun oleh Kolonial belanda sebagai tempat berlindung dan bertahan dalam pertempuran pada masa lampau.



Salah satunya adalah bunker yang berada di belakang kantor Korps Cacat Veteran kota Surabaya yang berada di Jalan Rajawali . Lokasinya berjarak sekitar 200 meter dari Jembatan Merah yang legendaris.




Bunker itu dikelilingi oleh aneka tanaman hias di sekitarnya. Bentuknya kotak dengan sudut-sudut yang tumpul. Bunker memiiliki ketebalan sekitar 30 cm. Bunker ini bukan termasuk tipe yang kedap udara yang bisa mengantisipasi gas beracun pada masa perang. Hal ini terlihat karena pada pintu bunker tidak terdapat karet penutup antara pintu dan tembok. Hanya terdapat bekas tempat karet pada pintu.


Sedangkan pintunya terbuat dari bahan baja yang sangat kuat , tebal dan berat. Bunker itu memiliki dua pintu masuk yang menghapad pada dua sisi yang berbeda. Pada beberapa bagian sisi dindingnya terdapat lubang-lubang kecil sebagai ventilasi udara.
 

Yang menarik, bunker kuno itu ternyata digunakan sebagai tempat tinggal oleh beberapa keluarga. Sayang, pada salah satu pintu masuk bunker itu terkunci karena penghuninya sedang pulang kampung sehingga saya tidak bisa masuk dan melihat suasana di dalamnya.

 

Untunglah, pada pintu masuk sisi lainnya saya bisa berjumpa dengan penghuninya yang mengijinkan saya untuk masuk , melihat dan memotret ruangan serta  isi di dalamnya. Tempat tidur, aneka barang dan perabotan ada di dalamnya.


Sedangkan di bagian luarnya pada sisi sampingnya terdapat bangunan bekas bak air dan tempat mandi.Sayang, atap bunker ini tampak rusak berat dan berlubang karena banyaknya kayu dan genteng yang hilang.


          View Video - Bunker # 2          

Semoga hal itu segera memeperoleh perhatian dari pihak-pihak yang terkait agar keberadaan bunker yang bersejarah ini bisa terjaga dan terawat dengan baik.
 



Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar