Tips Hamil

Selasa, 17 Juni 2014

Es Dawet Siwalan Yang Khas Di Kota Tuban

Es Dawet Siwalan, begitulah nama minuman yang khas di Kota Tuban - Jawa Timur.  Sepintas, tampilan minuman ini tak berbeda dengan minuman dawet dari daerah lainnya karena menggunakan pemanis dari gula jawa dan santan kelapa.


Tetapi yang membedakannya adalah dawet sebagai isi minuman itu. Jika biasanya dawet pada minuman lainnya menggunakan bahan dari beras, tetapi untuk dawet siwalan ini menggunakan dawet dari irisan buah siwalan atau lontar ( Borassus flabelifer ).


Bentuk dawet itu juga berbeda sama sekali karena berupa irisan kecil dalam bentuk kotak. Warnanya putih seperti warna susu. Buah siwalan itu hampir tak ada rasanya. Hanya saja teksturnya terasa kenyal seperti nata de coco atau kolang-kaling.


Entah kenapa walau berbeda jauh dengan jenis dawet lainnya, warga Tuban lebih cenderung menamakan minuman ini sebagai Es Dawet Siwalan.Minuman ini banyak dijual di kota Tuban seperti sekitar Alun-alun Kota Tuban, Masjid Agung, wisata Gua Akbar, Wisata Pantai Boom , Kelenteng Kwan Sing Bio  dan sebagainya. Harganya juga cukup murah yaitu Rp 3.000 per gelasnya.

Sebenarnya es dawet siwalan ini rasanya cukup enak, nikmat dan menyegarkan dengan catatan menggunakan pemanis asli dari gula Jawa.



Sayang, mungkin karena berharap untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan menurangi biaya produksi , ada penjual es dawet siwalan di kota Tuban yang mengurangi menggunakan gula jawa sebagai pemanisnya dan mencampurinya dengan pemanis buatan.


Hasilnya sangat terasa karena minuman es dawet  siwalan itu terasa kurang nikmat dan segar. Bagi mereka yang alergi dengan pemanis buatan, bisa jadi akan segera sakit batuk setelah meminumnya.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar