Tips Hamil

Sabtu, 14 Juni 2014

Keramik Kuno Masa Kerajaan Majapahit Di Trowulan

Sepintas , tak ada yang menarik dengan keramik itu karena  tampak biasa dan sederhana. Bentuknya bundar seperti piring makan dengan warna putih. Pada bagian tengahnya terdapat ornamen berupa gambar seekor ikan. 


Tetapi siapa sangka jika keramik itu sangat bersejarah dan tak ternilai harganya. Hal ini karena keramik itu merupakan jejak peradaban pada masa Kerajaan Majapahit yang ada di Pulau Jawa pada ratusan tahun yang lampau.


Keramik piring dengan gambar ikan itu merupakan salah satu koleksi keramik kuno masa Kerajaan Majapahit yang ditampilkan di Museum Majapahit - Trowulan, Mojokerto. Koleksi itu ditampilakn dalam etalase kaca bersama dengan koleksi keramik lainnya.


Bentuknya juga beragam. Ada yang berbentuk piring, mangkok,  vas atau jambangan, buli-buli, cepuk, botol dan sebagainya. Untuk keramik jenis itu umumnya dalam keadaan yang utuh dan cukup baik. Tetapi ada pula yang berupa fragmen atau pecahan keramik.



Selain berwarna putih, ada pula keramik yang berwarna hijau, coklat, biru dan putih. 
 

Dalam panel informasinya disebutkan bahwa aneka ragam keramik itu berasal dari negara Kamboja, Vietnam, Laos, Thailand dan Cina yang berfungsi sebagai barang perdagangan atau hadiah pada saat itu.


Walau masih dalam segala keterbatasan saat itu, adanya keramik-keramik itu juga menjadi bukti sudah adanya hubungan antar negara antara Kerajaan Majapahit dengan negara-negara lainnya.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

1 komentar: