Tips Hamil

Minggu, 08 Juni 2014

Patung Kuno Berwajah Orang Tiongkok Masa Kerajaan Majapahit

Ada banyak patung kuno yang ditemukan di berbagai daerah di nusantara. Tetapi patung-patung yang dipajang di etalasa kaca itu tampak unik dan berbeda. Selain ukurannya yang mini dengan tinggi sekitar 10 cm, patung-patung itu menampilkan sosok karakter dan wajah orang-orang dari mancanegara.



Tak hanya itu saja aneka patung yang merupakan koleksi Museum Majapahit di daerah Trowulan , Mojokerto - Jawa Timur itu juga merupakan benda-benda peninggalan masa Kerajaan Majapahit, sebuah kerajaan besar di Pulau Jawa pada masa lampau. 



Cukup menarik menyimak patung-patung itu karena dalam ornamen dan detailnya juga mencerminkan budaya saat itu. 


Dalam catatan sejarah dikisahkan bahwa Kerajaan Majapahit sudah menjalin hubungan antar negara baik dalam hal perdagangan, diplomatik dan sebagainya.Negara-negara itu diantaranya adalah Arab, China ( Tiongkok ), Laos, Vietnam dan Thailand.

 


Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya koleksi patung-patung kuno ini. Tampak patung-patung itu ada yang berwajah ala orang China dengan mata yang sipit dan pakaiannya yang khas. Ada pula patung tentang orang Arab yang mengenakan sorban di kepalanya.



Yang menarik, ternyata ada pula patung yang menggambarkan sosok seorang wanita yang sedang menggendong anaknya.


Sayang, ada koleksinya yang sudah tidak utuh lagi dan berupa potongan kepala saja dan tubuh tanpa kepala.  Walau patung-patung kuno itu  terbuat dari tanah liat dan tanpa warna, tetapi keberadaannya menjadi jejak betapa adi luhungnya kebudayaan dan karya seni masa Kerajaan Majapahit.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar