Tips Hamil

Jumat, 06 Juni 2014

Jejak Ongkek Yang Legendaris di Kota Tuban

ernahkah Anda mendengar tentang  Ongkek ? Mungkin banyak di antara kita yang belum pernah tahu dan mendengar tentang nama itu. Hal ini karena di daerah asalnya yaitu Kota Tuban - Jawa Timur, Ongkek juga sudah langka dan tak banyak orang yang mengetahuinya.Kalaupun ada yang tahu, mungkin mereka adalah generasi yang berusia dewasa dan lanjut usia.


Ongkek adalah sebuah alat yang berbentuk pikulan dan biasanya digunakan untuk berjualan minuman Legen . Minuman alami yang terbuat dari nira getah bunga pohon Siwalan , Ental atau Lontar ( Borassus flabelifer ).


Minuman ini dulu pada era tahun 90-an ke bawah masih banyak dijajakan oleh para pedagang yang membawa Ongkek dengan berkeliling dari kampung ke kampung. Tetapi seiring dengan kemajuan jaman, keberadaan ongkek pun mulai tergantikan oleh botol plastik dan jerigen yang lebih awet dan praktis.


Sejak saat itu, Ongkek pun mulai jarang ditemui di Kota Tuban dan sekitarnya. Saat ini Ongkek hanya menjadi souvenir khas Kota Tuban yang banyak dijual di destinasi-destinasi wisata Tuban seperti Makam Sunan Bonang, Kelenteng Kwan Sing Bio dan Gua Akbar. 

 

Sedangkan Ongkek dengan ukuran dan bentuk aslinya bisa dijumpai di Museum Kambang Putih yang berada di pusat Kota Tuban. Cukup menarik menyimak Ongkek yang ditatat di dalam etalase kaca itu.


 

Bentuk ongkek cukup unik dan terbuat dari bambu. Ada ruas bambu yang berfungsi sebagai wadah untuk menampung Legen, gelas bambu ( Centak ) untuk meminumnya dan ada juga gulungan daun Siwalan yang ditempatkan di dalam ruas-ruas bambu itu agar sensasi Legen tetap terasa segar.


Pada ruas bambu itu dilapisi oleh daun lontar kering sehingga tampilannya  lebih artistik. Begitu pula dengan adanya caping ( topi ) yang berbentuk khas, sandal, sabuk Otog, tas kepis, dan sebagainya. Selain itu juga terdapat perlengkapan untuk memanen legen dari pohon Siwalan seperti angkul-angkul, pisau untuk menyadap bunga Lontar dan sebagainya.


Keberadaan Ongkek ini menjadi nostalgia kejayaan Ongkek di Kota Tuban pada masa lampau.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar