Tips Hamil

Jumat, 06 Juni 2014

Indahnya Patung Budha Tidur di Wihara Majapahit

Patung yang berwarna emas itu sangat indah. Selain ukurannya yang cukup besar, juga menggambarkan sosok Sang Budha dalam posisi tidur menyamping. Yang menarik, konon patung Budha Tidur ( Sleeping Budha ) itu merupakan patung serupa yang terbesar ketiga di Asia setelah Bangkok dan Bandung.


Patung Budha Tidur itu berada di kawasan tempat ibadah Wihara Majapahit di daerah Trowulan - Mojokerto.  Patung itu berada di halaman belakang bagian samping kompleks wihara. Siapapun boleh datang dan melihat keindahan patung itu dengan melapor ke pos petugas terlebih dahulu.


Patung ini dibuat pada tanggal 31 Desember tahun 1989 dengan bahan fiber dan rangka besi. Di sekitarnya terdapat pepohonan besar dan taman dengan kolam air berisi ikan dan tanaman teratai.Di bagian bawah patung itu terdapat ornamen berupa relief-relief tentang Kisah Sang Budha.


Posisi Budha sedang tidur itu sangat legendaris dalam kisah tentang Budha. Ada pertanyaan dalam benak saya mengapa yang dipilih sebagai bentuk patung itu adalah Budha sedan Tidur ?
 

Ternyata  dari beberapa sumber disebutkan bahwa posisi tidur ini menggambarkan posisi Budha saat Parinibanna.
  

itu menggambarkan Sang Budha seperti sang penguasa hutan yakni singa yang sedang tidur. Budha adalah penguasa segala mahkluk di bumi. 


Di samping itu ada pula yang  berpendapat  bahwa posisi ini adalah posisi meditasi sang Budha. Sedangkan pendapat lainnya  mengatakan bahwa  posisi Budha tidur ini menggambarkan wafatnya sang Budha Gautama, dan kolam teratai  berada di sekitar patung ini menggambarkan laut dimana abu sang Budha Gautama dilarung.


Keberadaan patung Sleeping Budha ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Wihara Majapahit




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar