Tips Hamil

Jumat, 27 Juni 2014

Mencuci Taoge Yang Unik Di Gua Ngerong , Tuban


Mencuci taoge di sungai mungkin adalah hal yang biasa karena bisa dijumpai di daerah lainnya. Tetapi untuk mencuci taoge yang dilakukan oleh warga di wisata Gua Ngerong - Tuban - Jawa Timur cukup unik dan berbeda.



Hal ini karena saat mencuci taoge di dalam sungai itu, mereka dikelilingi oleh ratusan ekor ikan yang jinak. Ikan-ikan itu tampak berkecipak dan saling berrebut kulit taoge yang terpisah saat pencucian taoge .

 

Tak jarang, kulit dan tubuh mereka yang mencuci taoge itu juga menjadi sasaran gigitan dari ikan-ikan itu. Yang menarik, tingkah ikan-ikan itu tak menganggu pekerjaan mencuci taoge karena mereka sudah terbiasa dan menganggapnya sebagai  bagian keseharian aktifitas di sungai Gua Ngerong.



Mencuci taoge di sungai yang mengalir di Gua Ngerong itu biasanya dilakukan pada siang dan sore hari oleh ibu-ibu yang berpfrofesi sebagai penjual taoge di pasar. Dengan menggunakan keranjang dari bambu dan plastik untuk wadah taoge itu, mereka turun dan berendam di sungai sambil mencuci taoge.


Karena di aliran sungai itu dihuni oleh ribuan ekor ikan jenis nila, wader, lele, sepat dan sebagainya, tentu saja aktifitas mencuci taoge itu bagai undangan berpesta makanan bagi ikan-ikan di sana selama  sekitar 1-2 jam tergantung banyaknya taoge yang dicuci.



Bagi yang belum pernah tahu kegiatan unik itu, tentu hal itu sangat menarik menjumpai warga yang tampak santai dalam bergaul dengan ikan-ikan di sana tanpa ada niat dan kemauan untuk saling mengusik keberadaan satu dan yang lainnya.


Ribuan atau bahkan jutaan ekor ikan itu merupakan satwa yang dikeramatkan di Gua Ngerong selaian ribuan ekor kelelawar. Warga setempat percaya bahwa ikan dan kelelawar keramat itu akan memberi musibah dan bencana bagi siapapun yang berani mengambil atau mengusik keberadaannya.


Mitos yang sudah ada dan berkembang sejak lama itu menjadi pelindung alami bagi kelestarian ikan-ikan dan kelelawar di Gua Ngerong.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar