Tips Hamil

Minggu, 08 Juni 2014

Mitos Perabotan Emas Kerajaan Majapahit di Kolam Segaran

Sepintas tak ada yang menarik dari genangan air yang sangat luas dan dikenal dengan nama Kolam Segaran itu. 


Kolam itu tampak berpagar kawat berduri di sekelilingnya. Setiap harinya ada banyak warga yang memancing ikan , berolahraga atau berwisata dengan menikmati indahnya panorama  di sana.


Dengan lokasinya yang berada di tepi jalan raya daerah Trowulan dan berseberangan dengan Museum Majapahit, menjadikan Kolam Segaran ini mudah diketahui dan  dituju.


Tetapi siapa sangka jika Kolam Segaran itu merupakan salah satu situs jejak Kerajaan Majapahit. Yang menarik, ada legenda yang berkembang di warga setempat tentang Kolam Segaran. Konon, pada masa Kerajaan Majapahit, kolam itu menjadi lokasi dibuangnya perabotan emas milik kerajaan.



Kisahnya, pada saat itu Raja biasanya menjamu para tamunya di sekitar Kolam Segaran dengan menggunakan perabotan yang terbuat dari emas. Setelah  itu,  perabotan emas yang dipakai itupun segera dibuang ke kolam Segaran.Konon hal itu dilakukan oleh penguasa Kerajaan Majapahit agar disegani sebagai kerajaan yang besar dan kaya-raya.

 

Tetapi entah bagaimana dengan kebenaran kisah yang legendaris itu apakah selama ini sudah ada yang berhasil menemukan perabotan emas itu dari Kolam Segaran ataukah perabotan emas itu masih terpendam di dasar kolam. Ataukah  sebagai benda-benda kuno dan bersejarah, perabotan emas itu  dijaga dan disembunyikan oleh makhluk gaib.


Kisah lainnya menuturkan bahwa Kolam Segaran ini menjadi tempat penampungan air untuk irigasi saat itu yang menunjukkan betapa majunya peradaban saat itu dalam hal pengairan. 


Kolam ini sendiri berukuran 800x500 meter dengan dikelilingi oleh tanggul yang terbuat dari batu bata merah. Tentang nama Segaran yang berarti seperti laut itu mungkin identik dengan sangat luasnya kolam ini  yang seperti lautan.Kolam Segaran ini ditemukan kembali oleh Henry Maclaine Pont pada tahun 1926  dengan struktur tanah dan batu bata tertimbun oleh lumpur.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar