Tips Hamil

Senin, 30 Juni 2014

Jejak Rumah Kelahiran Bung Karno Di Surabaya

Rumah itu tampak sederhana dan berada di tengah kampung yang cukup padat. Warna cat rumah tampak kusam dengan beberapa bagian ada yang terkelupas. Walau sederhana,  siapa sangka jika rumah itu bernilai sangat tinggi harganya karena mencapai miliaran rupiah.


Tentu bukan karena bentuk dan tampilan fisik yang menjadi faktor mahalnya harga rumah itu. Tetapi karena tingginya latar belakang nilai sejarah rumah itu karena di sanalah tempat kelahiran DR. Ir. Soekarno atau Bung Karno, Presiden pertama Indonesia.



Keberadaan rumah yang diyakini sebagai tempat kelahiran Bung Karno itu tentu mematahkan pendapat banyak orang yang selama ini beranggapan bahwa Bung Karno lahir di kota Blitar, dimana beliau juga dimakamkan di sana.


Rumah itu berlokasi di sebuah rumah kuno milik keluarga Ibu Jamilah di  Pandean Gang IV Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya. Suasana dengan nuansa Bung Karno sangat terasa ketika memasuki kampung itu.

 

Pada bagian depan gang terdapat prasasti yang ditandatangani pada tgl 29 Agustus 2010 oleh Bambang Dwi Hartono - Walikota Surabaya pada saat itu. Prasasti itu menginformasikan bahwa Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan Pemimpin Besar revolusi lahir di Pandean IV no 40 pada hari Kamis Pon tanggal 06 Juni 1901.


Begitu pula dengan adanya mural atau lukisan dinding sepanjang jalan memasuki kampung itu. Sedangkan di rumah kelahiran Bung Karno itu pada bagian depannya terdapat banner dan lempengan kuningan Bangunan Cagar Budaya yang informasinya menegaskan bahwa di rumah itulah tempat lahirnya Bung Karno. 

Bangunan rumah sederhana itu  berukuran sekitar 6×14 meter yang  terdiri dari ruang tamu berukuran 2 meter, 1 ruang tengah diantara 2 kamar dan 1 dapur. Selain itu juga terdapat gudang pada bagian atas bangunan .



Rumah bersejarah ini sendiri pernah dikunjungi oleh Ibu Megawati sebagai salah satu putri Bung Karno.


Menurut Bapak Khoiri sebagai salah satu orang yang saat ini tinggal di rumah itu, belum lama ini di sana juga dadakan acara syukuran atau Haul untuk memperingati lahirnya Bung Karno.




Keripik Gayam Yang Nikmat di Tuban

Agung - 0857 3396 5278 - 0823 3388 7121
        



www.jelajah-nesia.blogspot.com




2 komentar:

  1. Beliau memang salah satu Founding Father Negara ini, luar biasa beliau, sejarah beliau yang baik patut kita pelajari dan realisasikan di kehidupan kita

    Kunjungan rutin sob

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul n trims atas kunjungannya, Gan.

      Hapus